Sukses

Frekuensi Kosmik dan Wayang Alien Jadi Menu Pembuka Indonesia UFO Festival 2022

Indonesia UFO Festival 2022 dibuka dengan pertunjukan musik eksperimental

Liputan6.com, Yogyakarta - Indonesia UFO Festival (IUF) 2022 dibuka dengan pertunjukan kolaborasi bertajuk Cosmic Frequencies atau Frekuensi Kosmik di Tumpeng Menoreh, Bukit Menoreh, daerah Gelangprojo, Yogyakarta, Sabtu (16/8/2022). Kolaborasi dalam pembukaan festival UFO terbesar dan pertama di Indonesia ini menampilkan alunan musik siter kelompok Siter Sister berpadu dengan rangkaian instalasi antena transmitter yang menghasilkan gelombang suara tertentu karya Venzha Christ bersama v.u.f.o.c lab dan diolah melalui midi oleh musisi Grayce Soba.

Sehari kemudian, Komunitas Wayang Merdeka mengadakan kegiatan workshop Wayang Alien dengan mengangkat tema Up-Cycle di Urban Farming Kali Code. Kegiatan di bantaran sungai ini berlokasi di Kampung Ledok.  

Para seniman dan pegiat lingkungan dari Komunitas wayang Merdeka ini telah mengadakan berbagai rangkaian kegiatan yang berkaitan dengan isu-isu lingkungan dan sosial.

Hasil workshop Wayang Alien akan dipamerkan pada 19 sampai 28 Juli 2022 di Indonesia Visual Art Archive (IVAA) Yogyakarta sebagai rangkaian dari kegiatan IUF 2022.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pameran Hasil Workshop Wayang Alien

Pembukaan pameran tersebut akan dibuka dengan sebuah pertunjukan Wayang Alien oleh Wisanggeni D Bawono dan akan diiringi olahan suara oleh Bayu Bawono. Seniman-seniman  yang akan merespon ruang arsip dan perpustakaan IVAA ini, meliputi, Hangno Hartono, Bayu Bawono, Dwi Rahmanto, Wisanggeni D Bawono, Miko Jatmiko, Lejar Hukubun Daniarta, Andhik Kristianto, Agus Cavalera, Hananta Nur, Guntur Susilo, Christian Cahya Nugraha, Novantri S Putra, dan Dapeng Gembiras.

Wayang Merdeka bakal menampilkan berbagai kreasi tokoh-tokoh imajinatif alien dengan narasi bertema sains antariksa.

IUF 2022 yang berlangsung pada 16 sampai 30 Juli 2022 memiliki sederet tangkaian acara, antara lain, Indonesia UFO Conference, workshop sains antariksa, eksplorasi suara, pameran, workshop wayang alien, street art, Indonesia UFO Day, space art, VMARS, peluncuran buku, sampai pada proyek unik yaitu pembangunan monumen crop circle.

Semua kegiatan dilaksanakan di Yogyakarta dan tersebar di 15 tempat. Lebih dari 100 partisipan ikut ambil bagian dalam kegiatan yang mengusung sains antariksa ini.  IUF 2022 terselenggara dari hasil kolaborasi tiga lembaga nirlaba, Indonesia Space Science Society (ISSS), Indonesia UFO Network (IUN), dan HONF Foundation.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.