Asa RI Raih Juara Umum dalam ASEAN Para Games 2022

Oleh Fajar Abrori pada 20 Jul 2022, 18:00 WIB
Diperbarui 20 Jul 2022, 18:00 WIB
Menpora dan Gibran Tinjau Venue ASEAN Para Games
Perbesar
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali dan Ketua INASPOC, Gibran Rakabuming Raka meninjau sejumoah venue pertadingan ASEAN para Games 2022 di Solo, Senin (18/7).(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Liputan6.com, Solo - Indonesia akan menjadi tuan rumah pesta olahraga atlet difabel ASEAN Para Games XI 2022. Ajang ini akan digelar di Solo, 30 Juli-6 Agustus 2022. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali menargetkan kontingen Indonesia bisa menjadi juara umum untuk ASEAN Para Games 2022.

Target itu diungkapkan Menpora Zainudin Amali saat meninjau kesiapan venue ASEAN Para Games 2022 di Solo pada Senin (18/7/2022). Venue pertama yang ditinjau adalah venue untuk pertandingan atletik, yakni perlintasan atletik di dalam Stadion Manahan Solo.

Menpora Zainudin Amali saat meninjau didampingi Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka yang juga Ketua Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC). Rombongan menemui sejumlah atlet difabel dari cabang olahraga atletik yang sedang berlatih.

Saat berdialog dengan para atlet, Menpora menyampaikan keinginannya kepada para atlet agar target untuk bisa meraih medali sebanyak-banyak bisa terwujud. Apalagi, pertandingan dilakukan di Solo yang menjadi markas selama menjalani pemusatan latihan.

"Kita sudah main di tempat kita sendiri. Tunjukkan kita bisa beprestasi karena kita sudah tahu tempat ini," ujar Menpora.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Titipan Pesan Jokowi

Dalam pertemuan itu, Zainudin Amali menyampaikan salam dari Presiden Jokowi kepada para atlet yang sedang melakoni persiapan ASEAN Para Games 2022. Ketika bertemu Jokowi, Menpora juga melapor terkait kesiapan para atlet untuk bertanding dan bisa meraih medali banyak.

"Kemarin itu saya lapor ke Pak presiden bahwa atlet kita sudah siap bertanding dan target kita juara umum, bisa nggak?" kata Menpora yang dijawab dengan serentak "bisa" oleh para atlet.

Ketua INASPOC, Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan optimistis soal atlet Indonesia bisa meraih banyak emas sekaligus menjadi juara umum. Menurut Gibran, salah satu alasan Indonesia menjadi juara umum, karena penyelenggaraan ASEAN Para Games kali ini digelar di Solo yang selama ini menjadi tempat pemusatan latihan para atlet tersebut.

"Kota Solo sudah dijadikan tuan rumah untuk kedua kalinya. Untuk masalah prestasi sudah tidak diragukan lagi ya, kalau bisa targetnya bisa meraih juara umum," ungkapnya.

Usai dari Stadion Manahan Solo, Menpora dan Ketua INASPOC melanjutkan peninjauan ke venue tenis meja yang terletak di komplek stadion tersebut. Kemudian rombongan kembali melanjutkan peninjauannya ke venue boccia di GOR FKOR UNS, venue goalball di GOR Kentingan, venue sepak bola di Stadion UNS.

 

Simak video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya