Sukses

Peringati Hari Bakti ke-75 TNI AU Lanud Dhomber Tanam Pohon Mangrove

Dalam rangka memperingati Hari Bakti ke-75 TNI AU Lanud Dhomber menggelar kegiatan tanam pohon Mangrove di pantai Saloka Api, Samboja.

Liputan6.com, Balikpapan - Guna mengantisipasi abrasi di bibir pantai, serta menyuburkan tempat berkembang biaknya biota laut, Pangkalan TNI AU Lanud Dhomber melakukan penanaman pohon Mangrove di Pantai Salok Api kecamatan Samboja, akhir pekan kemarin.

Kegiatan penanaman pohon Mangrove ini juga sekaligus memperingati Hari Bhakti Ke-75 TNI Angkatan Udara. Komandan Lanud Dhomber, Kolonel Pnb Sidik Setiyono melalui Kadispers Lanud Dhomber, Letkol Adm Eko Fajar Budi mengatakan dengan pelestarian tanaman Mangrove maka ekosistem semakin terjaga dan biota laut dapat berkembang biak dengan baik.

“Yang nantinya akan berdampak pada penghasilan masyarakat, khususnya masyarakat pesisir yang berprofesi sebagai nelayan,” terangnya.

Kegiatan penanaman pohon Mangrove ini diikuti seluruh personel Lanud Dhomber, Satrad 223, Camat Samboja, Ketua LPM Salok Api dan masyarakat Kelurahan Salok Api, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Selain itu juga kegiatan ini turut dimeriahkan dengan atraksi udara Paramotor Fasida Kaltim.

“Kami berharap tanaman Mangrove ini dapat tumbuh subur dan menjaga ekosistem di laut agar berkembang biak dengan baik,” harapnya.

Diketahui, Mangrove adalah jenis tanaman dikotil yang hidup di habitat air payau dan air laut. Hutan Mangrove adalah salah satu jenis hutan yang banyak ditemukan pada kawasan muara dengan struktur tanah rawa atau padat.

Mangrove menjadi salah satu solusi yang sangat penting untuk mengatasi berbagai jenis masalah lingkungan terutama untuk mengatasi kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh rusaknya habitat untuk hewan. Kerusakan ini tidak hanya berdampak untuk hewan tapi juga untuk manusia. Mangrove telah menjadi pelindung lingkungan yang sangat besar. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat Pohon Mangrove

Manfaat tanaman bakau bagi lingkungan sekitar di tempat tumbuhnya, yaitu memberi nutrisi yang baik untuk lingkungan sekitarnya. Di mana keberadaan tanaman ini sama sekali tidak mengganggu keseimbangan dari ekosistem yang ada di tepi pantai.

Selain itu tanaman bakau justru memberikan nutrisi berupa kesuburan tanah yang ada di sekitarnya, karena tempat tumbuhnya tanaman bakau berada diantara dataran dan lautan. Pada saat air laut pasang, tanaman ini akan terlihat sedang berada di laut. Sedangkan pada saat surut, tanaman ini akan terlihat berada di dataran. Letak dari tanaman bakau dipengaruhi oleh jarak tumbuhnya antara dataran dan lautan.

Selain itu tanaman bakau juga berfungsi sebagai salah satu rantai makanan, di mana tanaman ini berperan sebagai produsen. Tanaman bakau banyak disukai oleh ikan-ikan kecil dan juga kepiting. Tidak sedikit ikan yang menggantungkan hidup dengan memakan daun tanaman bakau ini untuk keberlangsungan hidup mereka.

Air di sekitar tepian pantai menjadi jernih, hal ini bisa bandingkan antara tepian pantai yang memiliki tanaman bakau di sekitarnya dengan yang tidak memiliki tanaman bakau. Pasti akan tampak perbedaan diantara keduanya, bahwa air pantai yang ditumbuhi tanaman bakau menjadi lebih jernih dibandingkan dengan yang tidak ditumbuhi tanaman bakau. Oleh sebab itu, banyak digalakkan sosialisasi tentang manfaat penanaman pohon bakau di tepi pantai.

Tanaman bakau juga bermanfaat untuk melindungi pantai dari erosi. Tanaman bakau yang tumbuh di tepi pantai dapat melindungi dataran dari hempasan ombak secara langsung. Sehingga ombak tidak langsung menerjang dataran yang akan menyebabkan erosi dan longsor, karena terlindungi oleh tanaman bakau.

 

 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.