Lakukan 3 Hal Ini Agar Produk Skincare Bekerja Maksimal

Oleh Switzy Sabandar pada 18 Jul 2022, 21:00 WIB
Diperbarui 18 Jul 2022, 21:00 WIB
Skincare
Perbesar
Ilustrasi skin care/copyright shutterstock

Liputan6.com, Yogyakarta - Skincare perawatan wajah untuk berbagai permasalahan kulit kini semakin beragam. Tak perlu bingung lagi untuk memilih produk skincare untuk setiap permasalahan kulit.

Tapi, tahukah kamu bahwa memakai produk skincare saja tidak cukup?

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar kinerja skincare-mu tidak sia-sia. Beberapa hal ini perlu dilakukan secara rutin untuk menunjang kinerja skincare maksimal di kulitmu.

1. Double Cleansing

Ternyata, membersihkan wajah hanya dengan sabun pencuci wajah tidaklah cukup. Ada dua tahap membersihkan wajah yang perlu dilakukan.

Seperti namanya, double cleansing merupakan kegiatan membersihkan wajah dengan dua tahap pembersihan menggunakan bahan yang berbeda. Tahap pertama dengan menggunakan pembersih wajah berbahan dasar seperti minyak (cleansing oil), susu (milk cleanser), air (micellar water), atau balm (cleansing balm) untuk membersihkan wajah dari makeup.

Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya penyumbatan pori-pori wajah di lapisan pertama kulit karena makeup yang dipakai seharian. Bagi yang tidak menggunakan makeup, hal ini juga perlu dilakukan untuk membersihkan sisa sunscreen yang ada pada wajah.

Setelah itu, bisa dilanjutian tahap kedua double cleansing, yaitu dengan membersihkan wajah menggunakan sabun cuci muka. Double cleansing dapat membersihkan wajah secara menyeluruh sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan berikut ini:


Sunscreen

2. Gunakan Sunscreen

Selain bisa membuat kulit terbakar, sinar matahari juga dapat menyebabkan kanker kulit. Salah satu cara efektif untuk mencegah kerusakan kulit adalah dengan memakai sunscreen.

Sunscreen adalah produk perawatan kulit berbentuk losion, spray, gel, foam, atau stick yang dapat digunakan untuk melindungi kulit dari radiasi sinar UV, baik UVA maupun UVB. Sinar UVA bisa menembus bagian terdalam kulit.

Radiasi sinar UVA dapat menembus awan dan kaca, baik itu pada siang, malam, bahkan ketika cuaca sedang mendung. Selain itu, sinar UVA dapat mempercepat penuaan kulit serta menyebabkan keriput dan flek hitam.

Sementara, sinar UVB (Ultraviolet-Burning) merupakan sinar matahari yang memiliki panjang gelombang lebih kecil dari sinar UVA. Terkena paparan sinar UVB sebentar saja dapat menyebabkan kulit terbakar.

Pilih sunscreen sesuai kebutuhan kulit, baik itu physical sunscreen, chemical sunscreen, atau hybrid sunscreen dengan kandungan SPF 50 PA++++. Jangan lupa juga untuk re-apply sunscreen setiap 2-3 jam sekali meskipun kamu berada di dalam ruangan.

3. Eksfoliasi

Eksfoliasi merupakan langkah perawatan wajah untuk mengangkat sel kulit mati yang dilakukan 2-3 kali dalam seminggu. Manfaat dari eksfoliasi yakni dapat meremajakan kulit, membersihkan pori-pori dan komedo, mencegah jerawat, serta menjadikan kulit lebih cerah dan glowing.

Pilih produk eksfoliasi sesuai jenis kulitmu, yakni eksfoliasi fisik atau eksfoliasi kimiawi (chemical peeling). Untuk kulit sensitif bisa menggunakan eksfoliasi enzimatik yang berasal dari bahan-bahan alami seperti buah pepaya dan nanas.

(Resla Aknaita Chak)

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya