Sukses

Jaga Kerukunan, Sulbar Bakal Gelar Temu Umat Beragama

Sulawesi Barat sering dianggap sebagai Indonesia Mini atau Indonesia Kecil karena keberagaman etnis, ras dan agamanya

Liputan6.com, Mamuju - Sulawesi Barat sering dianggap sebagai Indonesia Mini atau Indonesia Kecil karena keberagaman etnis, ras dan agamanya. Untuk menjaga stabilitas dan ketentraman masyarakat diperlukan sebuah agenda yang bisa menjaga kerukunan umat beragama.

Penjabat Gubernur Sulawesi, Akmal Malik meminta Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) untuk hadir mewujudkan semangat kerukunan umat di provinsi ke-33 itu. Dia berencana membuat sebuah kegiatan yang melibatkan FKUB serta genersi muda.

"Nanti setelah Agustus kita akan melaksanakan temu umat beragama di Pantai Manakarra. Sekaligus pelepasan lampion dalam rangka Festival Sandeq Indonesia mendukung IKN," ungkap Akmal, Rabu (13/07/22) malam.

Kegiatan itu, menurut Akmal akan dikemas dengan berbagai agenda, seperti diskusi antar umat. Dia juga mengiginkan kerukunan umat beragama yang sudah terjalin baik di Sulawesi Barat bisa menjadi contoh bagi daerah lain.

"Temu umat beragama di Mamuju menjadi langkah awal bagi FKUB Sulbar untuk mendorong kegiatan tersebut hingga berskala nasional," ujar Akmal.

Ketua FKUB Sulawesi Barat, Sahabuddin Kasim menyambut baik bentuk perhatian yang diberikan penjabat gubernur untuk kerukunan umat beragama. Dia juga mengapreasi gagasan yang diberikan untuk melibatkan generasi muda dalam kegiatan temu umat beragama.

"Ini adalah gebrakan yang sangat brilian karena gerakan ini akan dirasakan seluruh lapisan masyarakat," tutup Shabuddin.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.