Sukses

Akibat Regulasi, Pembangkit Listrik Harus Bayar Batu Bara Lebih Mahal

akibat regulasi baru, harga batu bara untuk suplai PLTU semakin mahal.

Liputan6.com, Berau - Berdasarkan regulasi, Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Lati di Kabupaten Berau yang dikelola PT Indo Pusaka Berau tidak lagi mendapatkan suplai batu bara dengan harga murah.  Dengan kondisi itu, belum dapat dipastikan nasib PLTU pertama di Berau itu kelak.

Permasalahannya, pada 2023 mendatang, suplai batu bara dari PT Berau Coal tidak lagi dengan kompensasi harga. Kondisi itu juga akan ditambah dengan keberadaan PLTU Teluk Bayur milik PT PLN Persero, serta  interkoneksi jaringan Berau-Bulungan sudah tersambung.

Menanggapi situasi tersebut, Wakil Bupati Berau Gamalis mengatakan, memang masalah itu juga didasari pada posisi pembangkit yang berada tidak di mulut tambang.  Hal ini kata Gamalis mempengaruhi regulasi penjualan batu bara ke PT Indo Pusaka Berau.

Memang di regulasi lama, lanjut Gamalis, PT Indo Pusaka Berau diberi kompensasi harga batu bara lebih murah. Agar perusahaan ini dapat menjual harga lebih bagus ke PLN, dan PLN dapat menjual listrik ke masyarakat.

Tahun 2023 nanti, Berau Coal itu sudah tidak bisa lagi melakukan itu, karena Berau Coal melewati regulasi yang ada harus menjual dengan kisaran harga USD9,4.

"Itu agak mahal, dan kita bisa angkat tangan kalau begitu, itu regulasi ya, hanya bisa diturunkan 4 dolar sekian, jika berada di mulut tambang," ungkapnya. 

Status awal PLTU Lati berada pada mulut tambang. "Jadi statusnya hari ini bukan di mulut tambang, tapi pembangkitnya hari ini sama dengan pembangkit biasa," katanya.

Untuk mengatasi kondisi ini, tengah diupayakan perundingan agar PT Indo Pusaka Berau dapat menjadi pembangkit mulut tambang. Tujuannya agar kompensasi pembelian batu bara murah dapat terus dilakukan.

Sebab jika tidak, 2023 mendatang, PT Indo Pusaka Berau akan membeli batu bara dengan harga normal dan otomatis akan menjadi beban sangat berat bagi operasional PLTU itu.

"Jadi kami nanti akan lakukan lagi pembicaraan dengan direktur tambang batu bara," katanya.

Sementara itu, untuk pemenuhan listrik di Berau sebenarnya bisa menggunakan PLTU milik PLN di Teluk Bayur. Belum lagi sutet Berau-Bulungan juga sudah terkoneksi.

Menurut Gamalis, memang dalam mencukupi kebutuhan energi listrik di Berau ada arah ke sana. Jika hal itu sudah terjadi, maka PT Indo Pusaka Berau nantinya hanya akan menjual listrik ke PT Berau Coal saja.

“Tapi ini bukan jadi masalah, kita masih jual listrik ke Berau Coal. PT Indo Pusaka Berau akan mendesifikasikan usahanya dengan berjualan ke Berau Coal. Nah ini juga sudah kami sampaikan ke Berau Coal. Dan mereka siap membeli listrik dari PT Indo Pusaka Berau," pungkasnya.

Simak video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.