Sukses

Batique, Gim Berbasis Tes Kognitif AJT Pertama di Indonesia yang Bantu Kenali Potensi Anak

Permainan ini berinteraksi lebih efektif, merancang strategi untuk mengembangkan keunikan dan potensi anak serta menyediakan lingkungan belajar yang kondusif sesuai keunikan anak.

Liputan6.com, Bandung - Bakat Unique atau Batique, gim AJT Cognitive Test yang khusus dibuat untuk mengidentifikasi keunikan kognitif anak usia 5-12 tahun diluncurkan oleh Agate. Batique merupakan hasil kolaborasi Agate yang merupakan game developer berkantor pusat di Bandung, Jawa Barat dengan PT Melintas Cakrawala Indonesia (MCI) yang berkedudukan di Jakarta.

PT MCI sendiri merupakan pemegang lisensi AJT CogTest bersama dengan Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta yang juga memberikan expert advisory.

AJT Cognitive Test yang khusus dibuat untuk mengidentifikasi keunikan kognitif anak berdasarkan teori Cattle-Horn-Carrol yang telah teruji. Setelah melakukan seluruh permainan, Batique menghasilkan laporan komprehensif yang menunjukkan gambaran keunikan kognitif pemain sehingga memungkinkan orangtua dan pendidik untuk lebih mengenal anak dan potensinya.

Selain itu, permainan ini berinteraksi lebih efektif, merancang strategi untuk mengembangkan keunikan dan potensi anak serta menyediakan lingkungan belajar yang kondusif sesuai keunikan anak.

“Sebagai sumber utama pendidikan anak setiap hari, orang tua yang dibekali game uji kognitif Batique bisa menyediakan lingkungan belajar sesuai dengan minat dan pola belajar Anak. Yuk, tahu cara hindari tantrum anak saat belajar pakai rekomendasi dari laporan Batique!,” kata VP Enterprise Business of Agate Lee Marvin, dalam peluncuran Batique belum lama ini.

Direktur PT Melintas Cakrawala Indonesia Michael Adrian mengatakan, MCI telah menciptakan tes AJT Cognitive Test yang kompleks dan advance untuk mengukur kemampuan kognitif anak sehingga anak dapat mengembangkan potensinya secara optimal.

“Bila tadinya tes dilakukan secara konvensional one on one, hadirnya Batique sesuai dengan spirit kami bahwa AJT CogTest dapat dinikmati oleh lebih banyak anak di Indonesia tanpa dibatasi ruang dan waktu,” ujar Adrian.

Akademisi dari Universitas Gadjah Mada Wahyu Widhiarso mengatakan, tes untuk mengetahui potensi dan keunikan anak penting dilakukan ketika anak masih berusia dini agar orang tua dapat membantu mengembangkan diri anak sesuai dengan karakteristik dan kemampuan kognitif anak.

“Harapan kami Batique dapat menjadi tolok ukur untuk lebih banyak institusi mengembangkan pengukuran yang valid dan ilmiah dengan melibatkan teknologi dalam pengembangan game yang bermanfaat," ujarnya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menawarkan Kemudahan

Sebagai alat tes kognitif yang komprehensif, Batique menawarkan kemudahan, harga yang terjangkau dan hasil terpercaya yang dapat memberikan pemahaman mengenai keunikan anak maupun proses berpikirnya.  Sehingga dapat membantu anak untuk memanfaatkannya dalam proses belajar yang lebih efektif, meningkatkan pengalaman belajar dan secara umum meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia di masa mendatang.

Batique sendiri dikemas dalam bentuk permainan yang dirancang agar anak dapat melakukan asesmen dengan metode yang lebih mudah, menyenangkan dan terjangkau.

Sementara AJT CogTest adalah asesmen kognitif yang telah dinormakan kepada anak dan remaja di Indonesia untuk mengidentifikasi delapan kemampuan kognitif umum dan kognitif spesifik anak berdasarkan Cattle-Horn-Carrol (CHC).

Di mana, hasil identifikasi ini memiliki keunggulan pada penggunaan berbagai perspektif dalam mengungkap kemampuan kognitif seperti biologis, perilaku tampak, neurologis sebagai gambaran ukuran kemampuan kognitif umum atau General Cognitif Ability (GCA) dengan tujuan agar kita dapat mengetahui metode pembelajaran yang tepat.

Selain itu, kita jadi dapat mengenali kebutuhan dan memberikan fasilitas yang dibutuhkan, mengidentifikasi strategi yang tepat untuk belajar, serta mendeteksi dini hambatan-hambatannya dalam belajar.

Batique merupakan tes kemampuan kognitif di Indonesia yang telah mempertimbangkan dan menggunakan keunikan konteks di Indonesia, sehingga menjadi instrumen terpercaya dalam mendeteksi potensi belajar di Indonesia.

Melalui Batique, anak diajak untuk melakukan asesmen pribadi dengan cara yang berbeda dan menyenangkan. Anak akan dibawa ke dalam delapan mini games dengan misi yang berbeda-beda. Gim ini dapat diakses secara mobile dengan handphone berbasis Android maupun iOS, atau dengan personal computer maupun laptop.

Selama gawai dan koneksi internet tersedia, gim ini dapat dengan mudah dilakukan di mana saja dan kapan saja, sehingga dapat menjangkau anak-anak di lokasi yang terpencil atau remote sekalipun. Tanpa harus melakukan tatap muka, anak dapat menjalani asesmen.

Selama mengerjakan asesmen, anak dianjurkan untuk mengerjakannya di tempat yang kondusif, mengerjakan secara mandiri atau tidak dibantu dalam mengerjakan asesmen dan tidak mengganti device.

 

3 dari 3 halaman

Delapan Mini Games

Delapan mini games yang ada di Batique mewakili delapan kemampuan kognitif, meliputi Comprehensive-Knowledge (Gc), Short-Term Working Memory (Gwm), Auditory Processing (Ga), Retrieval Fluency (Gr), Processing Speed (Gs), Learning Efficiency (Gl), Visual Processing (Gv), dan Fluid Reasoning (Gf).

Konten dalam Batique dikembangkan melalui tahapan ilmiah dan memiliki norma dari anak-anak Indonesia yang telah divalidasi oleh psikolog dari PT Melintas Cakrawala Indonesia serta pakar dari Universitas Gadjah Mada.

Batique telah dicoba oleh 1.200 anak dari seluruh Indonesia dengan net promoter score yang tinggi yaitu 62 untuk anak-anak dan 47 untuk orangtua yang terlibat dalam uji coba Batique sejak Oktober 2021.

Orangtua atau sekolah dapat membeli voucher di ajtonline.id untuk mendapatkan akses memainkan gim Batique hanya dengan Rp200.000. Akses Batique juga bisa didapatkan di kiddo.id dan 7 biro psikolog yang bekerja sama dengan Agate dan PT Melintas Cakrawala Indonesia.

Setelah mendapatkan akses, anak dapat masuk ke batique.id, mengisi data diri secara umum dan mulai bermain gim yang dikemas layaknya bermain trivia. Anak harus dapat menyelesaikan misi di setiap modul agar dapat membuka akses ke modul berikutnya.

Setelah anak selesai bermain, hasil asesmen yang dapat memberikan gambaran kognitif anak secara komprehensif sekitar 18-20 halaman akan dikirimkan melalui e-mail dalam jangka waktu 1-2 hari.

Hasil AJT CogTest ini tidak hanya menunjukkan gambaran keunikan kognitif anak, tetapi juga dapat memberikan rekomendasi belajar anak sesuai kognitifnya, sehingga diharapkan dapat membantu mengenali kebutuhan dan memberikan fasilitas yang dibutuhkan anak agar bisa mengatasi kesulitan belajar.

Setelah gim Batique untuk usia sekolah dasar, akan dikembangkan gim serupa untuk usia sekolah lanjutan (SMP dan SMA) agar anak dan orangtua memiliki pemahaman yang lebih tepat sehingga anak dapat melanjutkan pendidikan tingginya sesuai dengan potensi dan minatnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.