Sukses

Aktris Anne Hathaway Hingga Ratu Belanda Bakal Hadiri W20 Summit di Danau Toba

Gelaran Woman 20 (W20) Summit di Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut) tinggal menunggu hari. Puncak acara rencananya akan digelar selama 3 hari, yaitu 19 hingga 21 Juli 2022.

Liputan6.com, Medan Gelaran Woman 20 (W20) Summit di Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut) tinggal menunggu hari. Puncak acara rencananya akan digelar selama 3 hari, yaitu 19 hingga 21 Juli 2022.

Informasi diperoleh Liputan6.com, sejumlah pesohor dijadwalkan hadir, antara lain aktris Anne Hathaway, Melinda French, Ratu Yordania, Rania Al-Abdullah, hingga Ratu Belanda, Máxima Zorreguieta Cerruti.

Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) Jimmy Bernando Panjaitan mengatakan, pemerintah terus berbenah untuk menghadirkan pengalaman berharga bagi para delegasi yang hadir.

"BPODT juga tengah mempersiapkan berbagai kegiatan pendukung gelaran akbar itu," kata Jimmy di Medan, Selasa (12/7/2022).

Diungkapkan Jimmy, sebuah kehormatan bagi BPODT untuk turut berpartisipasi pada event internasional ini. BPODT akan menjadi host event di tanggal 20 Juli 2022, atau hari kedua event.

"Acara akan diselenggarakan di kawasan otoritatif pariwisata Danau Toba, Toba Caldera Resort, Kabupaten Toba," ungkapnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dongkrak Pariwisata

Diterangkan Jimmy, W20 Summit di Danau Toba juga akan dihadiri delegasi dari negara anggota 20, perwakilan kedutaan besar, dan perwakilan dari berbagai asosiasi perempuan internasional maupun nasional.

"Rangkaian acara menjadi pendongkrak pariwisata Danau Toba. Dampaknya, diharapkan juga bisa memacu pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat,"terangnya.

W20 dikhususkan pada pemberdayaan perempuan. Kegiatan di Danau Toba nantinya akan diisi bagaimana peran perempuan dalam menjaga eksistensi budaya tenun.

Tak hanya itu, W20 akan menjadi potensi bagaimana produk tenun yang merupakan Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) bisa dikenal di tingkat internasional.

"Kita berharap ada penandatanganan kesepakatan dan kolaborasi negara-negara G20, pengumuman W20 Sispreneur Winner dan sesi networking," ucap Jimmy.

3 dari 4 halaman

Produk Ekonomi Kreatif

BPODT berkolaborasi dengan delapan kabupaten di kawasan Danau Toba untuk menampilkan produk-produk ekonomi kreatif pada gelaran W20. Pameran digelar selama 10 hari, 15 hingga 24 Juli 2022 di Pantai Bebas Parapat.

"Selain promosi UMKM, rangkaian kegiatan juga menyasar kepada isu lingkungan di Danau Toba. Para delegasi diajak dalam kegiatan melepaskan burung dan ikan endemik," Jimmy menuturkan.

4 dari 4 halaman

Tabur Benih Ikan

Disampaikan Jimmy, pihaknya berencana melepaskan burung perkutut di TCR yang juga berbatasan dengan kawasan hutan. Di areal danau, delegasi nantinya menabur benih ikan mujair dan nila.

Rangkaian kegiatan W20 di Toba Caldea Resort akan diisi dengan penanaman berbagai jenis pohon, yang nantinya akan dijadikan Taman W20 Summit Indonesia 2022.

"Ini adalah bentuk perhatian W20 terhadap kelestarian alam. Pariwisata di Danau Toba tidak bisa dipisahkan dari kelestarian lingkungan hidup. Ini promosi utama kita," Jimmy menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.