Sukses

Cara Melihat Pengumuman SPMB Mandiri Unsoed 2022

Selain melalui SNMPTN dan SBMPTN, Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) juga menerima mahasiswa baru dari jalur SPMB Mandiri.

Liputan6.com, Jakarta - Selain melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) juga menerima mahasiswa baru dari jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Mandiri. SPMB Mandiri Unsoed meliputi dua jalur, yaitu SPMB Mandiri UTBK SPMB Mandiri Non UTBK (termasuk jalur Alih Program).

Pola seleksi SPMB Mandiri UTBK menggunakan nilai UTBK Tahun 2022, nilai raport SMA/SMK/MA atau sederajat (semester 1-6), prestasi akademik dan prestasi lainnya termasuk prestasi olahraga dan seni serta keagamaan.  Seleksi SPMB Mandiri Non UTBK menggunakan nilai raport SMA/SMK/MA, prestasi akademik dan prestasi lainnya.

SPMB Mandiri UTBK:

Pola penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan dengan menggunakan nilai UTBK Tahun 2022, nilai raport dan prestasi siswa. SPMB Mandiri UTBK diperuntukkan bagi pendaftar Program Sarjana (Kelas Reguler dan Kelas Internasional) dan Program Diploma.

SPMB Mandiri Non UTBK:

Pola penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan melalui nilai raport dan prestasi siswa. SPMB Mandiri Non UTBK diperuntukkan bagi pendaftar Program Sarjana (Kelas Internasional) dan Program Diploma.

Peserta diperbolehkan mengikuti 2 jalur seleksi (SPMB mandiri UTBK maupun SPMB Mandiri non UTBK) dengan melakukan pendaftaran pada masing-masing jalur seleksi sesuai ketentuan yang berlaku.

 

Persyaratan SPMB Mandiri UTBK

  • Memiliki nilai UTBK tahun 2022 yang dikeluarkan olah Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT),
  • Memiliki nilai rapot SMA/SMK/MA semester 1 s.d. 6,
  • Untuk calon peserta yang memiliki prestasi akademik, olahraga, seni dan keagamaan diminta untuk mengunggah dokumen bukti prestasi. Prestasi kejuaraan yang diperhitungkan adalah prestasi peringkat pertama sampai ketiga (atau sederajat) pada kegiatan kejuaraan/perlombaan tingkat Kabupaten, Propinsi, Nasional dan Internasional,
  • Bersedia membayar Iuran Pengembangan Institusi yang dibayarkan satu kali saat registrasi mahasiswa baru sebagai sumbangan untuk peningkatan mutu proses pembelajaran dan prestasi kemahasiswaan.

Persyaratan SPMB Mandiri Non UTBK:

  • Lulusan SMA/SMK/MA dan yang sederajat, lulus tahun 2022, 2021, dan 2020 untuk Program Sarjana Kelas Internasional,
  • Lulusan SMA/SMK/MA dan yang sederajat, lulus tahun 2022, 2021, 2020, 2019, dan 2018 untuk Program Diploma Tiga,
  • Memiliki nilai rapot SMA/SMK/MA semester 1 s.d. 6,Untuk calon peserta yang memiliki prestasi akademik, olahraga, seni dan keagamaan diminta untuk mengunggah dokumen bukti prestasi. Prestasi kejuaraan yang diperhitungkan adalah prestasi peringkat pertama sampai ketiga (atau sederajat) pada kegiatan kejuaraan/perlombaan tingkat Kabupaten, Propinsi, Nasional dan Internasional,
  • Bersedia membayar Iuran Pengembangan Institusi  yang dibayarkan satu kali saat registrasi mahasiswa baru sebagai sumbangan untuk peningkatan mutu proses pembelajaran dan prestasi kemahasiswaan.3.  PEMILIHAN PROGRAM STUDI

SPMB MANDIRI UTBK :

1. Peserta dapat memilih program studi sebanyak-banyaknya 4 program studi, yakni 2 program studi sarjana (kelas reguler dan/atau kelas internasional) dan 2 program studi diploma

2. Peserta yang memiliki nilai UTBK Saintek  (Kelompok UTBK Saintek) hanya dapat memilih program-program studi yang masuk dalam kelompok Saintek

3. Peserta yang memiliki nilai UTBK Soshum (Kelompok UTBK Soshum)  hanya dapat memilih program-program studi yang masuk dalam kelompok Soshum

4. Peserta yang memiliki nilai UTBK Saintek serta UTBK Soshum (Kelompok UTBK Campuran) dapat memilih program-program studi yang masuk dalam kelompok Saintek serta kelompok Soshum

5. Khusus Program Studi Kedokteran Umum dan Kedokteran Gigi harus memiliki nilai UTBK Saintek  (Kelompok UTBK Saintek) dan lulusan SMA/MA dari jurusan IPA.

6. Khusus Program Studi Farmasi harus memiliki nilai UTBK Saintek (Kelompok UTBK Saintek) dan lulusan SMA /MA / SMK  lingkup Bidang IPA

7. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan

SPMB MANDIRI NON UTBK :

1. Terdapat 3 kelompok ujian yakni, Saintek, Soshum, serta Campuran.

2. Peserta dapat memilih program studi sebanyak-banyaknya 4 program studi, yaitu 2 Program Sarjana (Kelas Internasional) dan 2 Program studi Diploma.

3.Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan

Jenis mapel yang harus diisi

SMA/MA/PAKET C IPA: matematika, bahasa Indonesia, bahasa ingris, fisika, kimia, biologi

SMA/MA/PAKET C IPS:matematika, bahasa Indonesia, bahas inggris, ekonomi, geografi, sosiologi, sejarah,

SMA/MA/PAKET C BAHASA: Matematika, bahasa Indonesia, bahasa inggris, bahasa asing, antropologi, Sastra Indonesia, Sejarah

SMA/MA TEOLOGI:Matematika, bahasa Indonesia, bahasa inggris

SMK:Matematika, bahasa Indonesia, bahasa inggris

BIAYA PENDAFTARAN

Saintek / Soshum: Rp300 ribu

Campuran : Rp350 ribu.

Biaya seleksi dapat dibayarkan melalui salah satu bank berikut, yakni Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN dan Bank Jateng.  Seluruh biaya seleksi yang sudah dibayarkan, tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Cek Hasilnya

Menurut informasi yang dikutip dari laman pendaftaran.spmb.unsoed.ac.id, link pengumuman hasil seleksi jalur seleksi SPMB Mandiri UTBK Unsoed 2022 sendiri sudah bisa diakses di laman https://pengumuman.spmb.unsoed.ac.id/utbk/ mulai hari ini Selasa, 12 Juli 2022 pukul 00.00 WIB.

Bagi peserta seleksi SPMB Mandiri UTBK Unsoed 2022, disarankan melakukan pengecekan hasil seleksi melalui portal yang telah tersedia sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Peserta bisa membuka pengumuman untuk melihat apakah anda diterima atau tidak dengan cara berikut:

1. Buka laman https://pengumuman.spmb.unsoed.ac.id/utbk/.

2. Login dengan nomor pendaftaran dan tanggal lahir.

3. Lanjutkan dengan memasukkan kode verifikasi.

4. Klik 'Lihat Hasil Seleksi'. Tunggu hingga halaman selesai dimuat. Namun apabila server penuh, peserta bisa mencoba memuat ulang laman pengumuman dan memastikan koneksi internet stabil.

Nantinya bagi calon mahasiswa yang dinyatakan diterima melalui seleksi SPMB Mandiri UTBK Unsoed 2022 diwajibkan melakukan registrasi online pada tanggal 13 Juli - 19 Juli 2022.

Untuk calon mahasiswa yang dinyatakan diterima melalui seleksi seleksi SPMB Mandiri UTBK Unsoed 2022 juga harus memperhatikan besaran biaya pendidikan.

Biaya pendidikan mahasiswa baru Unsoed 2022 akan diwajibkan untuk membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Iuran Pengembangan Institusi.

Uang Kuliah Tunggal dibayarkan tiap semester sampai selesai masa studi (nominal UKT bervariasi untuk masing-masing program studi). Sementara Iuran Pengembangan Institusi dibayarkan hanya satu kali pada saat registrasi sebagai mahasiswa baru.

Besaran biaya pendidikan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) 2022 bisa disimak melalui laman http://spmb.unsoed.ac.id/biaya-pendidikan-beasiswa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.