Sukses

Cara Warga Medan Jaga Kelestarian Lingkungan Saat Sembelih Hewan Kurban

Penanganan kebersihan untuk menjaga kelestarian merupakan salah satu program Wali Kota Medan, Bobby Nasution. Perlahan, program tersebut mulai mendapat dukungan dan diterapkan oleh warga.

Liputan6.com, Medan Penanganan kebersihan untuk menjaga kelestarian lingkungan merupakan salah satu program Wali Kota Medan, Bobby Nasution. Perlahan, program tersebut mulai mendapat dukungan dan diterapkan oleh warga.

Terbukti pada Idul Adha 1443 Hijriah, Minggu, 10 Juli 2022, warga Perumahan Puri Zahara 2, Kecamatan Medan Tuntungan, tetap menjaga kelestarian lingkungan dalam pelaksanaan penyembelihan dan pembagian hewan kurban.

Dalam kegiatan tersebut, selain tidak menggunakan kantong plastik, kotoran hewan kurban diolah menjadi pupuk.

Dengan semangat kolaborasi, warga dan remaja masjid perumahan yang berlokasi di Jalan Bunga Rinte, Simpang Selayang, Medan Tuntungan, menunaikan ibadah kurban dengan tetap memperhatikan kebersihan.

Kegiatan itu berlangsung dengan lancar dan sesuai dengan konsep kebersihan dan kelestarian lingkungan. Warga menggunakan besek dan daun untuk membungkus daging kurban. Wadah guna ulang sumbangan warga dipakai kembali untuk mewadahi jeroan.

Warga juga tidak membiarkan kotoran perut hewan kurban (rumen) menjadi sampah, namun dimanfaatkan menjadi pupuk alami. Sedangkan sampah organik dapur dari hewan kurban juga langsung diolah di area pengomposan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tanpa Kantong Plastik

Kegiatan yang digelar setelah Salat Idul Adha tersebut juga menerapkan konsep tanpa kantong plastik. Konsep ini diterapkan melalui penyediaan air minum isi ulang dan pemilahan sampah kemasan plastik.

Sampah-sampah elanjutnya disetorkan ke Bank Sampah Puri Zahara 2. Untuk mengantisipasi bau dan penyebaran virus, warga melakukan penyemprotan eco enzyme di lokasi pemotongan hewan kurban.

Eco enzyme yang digunakan merupakan hasil pengolahan sampah organik oleh warga. "Apa yang dilakukan warga Perumahan Puri Zahara 2 ini sejalan dengan upaya Pemko Medan dalam mencegah bertambah volume sampah," kata Kepala Dinas (Kadis) Lingkungan Hidup Medan, Zulfansyah.

3 dari 4 halaman

Sampah Kantong Plastik Dapat Dicegah

Selain Kadis Lingkungan Hidup Medan, Zulfansyah, Kadis Kebersihan dan Pertamanan, SI Dongoran, dan Camat Medan Tuntungan, Harry Indrawan Tarigan, tampak menyaksikan kegiatan tersebut.

Mereka memberikan apresiasi kepada warga yang melaksanakan penyembelihan dan pembagian hewan kurban dengan konsep tanpa kantong plastik dan pelestarian lingkungan ini.

"Dengan konsep ini, sampah kantong plastik dapat dicegah. Tidak ada sampah dari aktivitas tersebut yang harus dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir atau TPA," terang Zulfansyah.

4 dari 4 halaman

Beri Pengaruh Baik

Zulfansyah mengharapkan, apa yang dilakukan warga Perumahan Puri Zahara 2 ini dapat memberi pengaruh baik pada kelompok-kelompok masyarakat lain.

"Potensi sampah plastik dari kegiatan ini jadi berkurang, dan upaya pengurangan sampai ke TPA dapat berjalan baik," ucapnya.

Camat Medan Tuntungan, Harry Indrawan Tarigan menuturkan, penanganan kebersihan merupakan salah satu program prioritas Wali Kota Medan, Bobby Nasution. Apa yang dilakukan warga ini sangat sejalan program penanganan kebersihan.

"Diharapkan kesadaran ini terus berkembang subur hingga kebersihan dan kelestarian lingkungan dapat terpelihara dengan baik," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.