Sukses

Serius Majukan Persis Solo, Kaesang Pangarep 'Berguru' hingga ke Negeri Arab

Kaesang Pangarep yang telah mengambil alih kepemilikan Persis Solo itu semakin tak main-main dengan apa yang sudah dilakukan. Mulai dari membeli pemain, jor-jor an ketika promosi Liga 2, hingga riset ke UAE Pro League.

Liputan6.com, Solo - Keseriusan Kaesang Pangarep pemilik Persis Solo makin tak main-main mengelolan klub sepak bolanya. Setelah sebelumnya jor-joran beli pemain jelang promosi Liga 2 dan akhirnya berhasil membawa promosi ke liga 1, baik pemain bintang, maupun pemain muda, belum lama ini, putra bungsu Presiden Joko Widodo itu juga melakukan riset dan berbagi pengalaman ke UAE Pro League. Dirinya mengaku belajar tentang manajerial klub profesional hingga ke United Arab Emirates.

Kaesang bertemu dengan Saeed Obaid Al-Kaabi untuk berbagi pengalaman membahas manajerial klub sepak bola profesional. Ia menyebut ingin menjadikan Persis Solo sebagai klub yang siap berkembang mengikuti perkembangan zaman pada era sepak bola modern.

"Saya belajar banyak tentang proses manajerial dan tata kelola klub. Dengan pertemuan ini, berharap bisa membuat Persis Solo menjadi klub profesional ke depan," kata Kaesang Pangarep di Solo, Senin (11/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Merekrut Pemain Muda

Dirinya menyebut, pertemuan itu membahas tentang lisensi dan perkembangan sepak bola lainnya. Kaesang mengaku mendapatkan kesempatan mendengarkan perjalanan sepak bola UAE Pro League, terkait dalam membuat jadwal sesuai dengan strategi dan juga kebutuhan jangka panjang. 

"Dengan pertemuan ini, manajemen dapat menerapkannya dengan baik bagi klub yang ada di Indonesia maupun yang ada di luar," ujar dia.

Keserisuan Kaesang dalam menangani klub kebanggaan warga Solo Raya itu tak hanya membawa tim yang hampir 13 tahun lamanya berada di zona liga 2 bisa promosi ke liga 1 pada akhir tahun 2021 lalu, melainkan dalam hal rekruitmen pemain dan membawa klub tersebut makin profesional.

Sebagai CEO tentu dirinya memiliki peran penting dalam rekruitmen pemain untuk skuad Persis Solo. Tampak rekruitmen pemain tak main-main dengan dihadirkannya pemain bintang seperti, Gerard Artigas Fonullet, Fabiano Beltrame, Aaron Evans, Samsul Arif, Irfan Bachdim, dan lain-lain.

3 dari 3 halaman

Klub Profesional Serap Lapangan Pekerjaan

Persis Solo juga menjadi klub yang menyumbang banyak pemain muda dan moncer berkarier bersama klub berjuluk Laskar Sambernyawa itu, salah satunya adalah Zanadin Fariz yang sukses memukau jutaan pasang mata rakyat Indonesia, setelah dipercaya Shin Tae Yong bergabung di Timnas Indonesia. 

Zanadin Faris atau yang karib disapa Ucil itu menjadi perbincangan hangat di sosial media. Banyak warganet menyebut Persis Solo sangat beruntung merekrut pemain muda potensial tersebut. Zanadin sukses mengobrak-abrik pertahanan lawan saat melawan Filipina dan berakhir dengan skor besar 5:1 kemenangan untuk Timnas Indonesia di ajang Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Jumat malam (8/7/2022).

Persis Solo memang berubah menjadi klub profesional yang menyerap banyak lapangan pekerjaan. Sejak dipegang Kaesang Pangarep, Persis Solo juga telah memiliki Mega Store dan kafe yang bekerja sama dengan memberikan kesempatan kepada UMKM di Solo Raya mempromosikan produknya di store tersebut. 

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.