Sukses

Ramah Lingkungan, Daging Kurban Jokowi di Sulbar Gunakan Daun

Pada Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah, Presiden Joko Widodo memberikan sapi kurban jenis limosin bagi warga Sulawesi Barat

Liputan6.com, Mamuju - Pada Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah, Presiden Joko Widodo memberikan sapi kurban jenis limosin bagi warga Sulawesi Barat.

Dalam pendistribusiannya daging kurban itu diharap mengedepankan penggunaan bahan yang selaras dengan kearifan lokal Tanah Mandar atau ramah lingkungan.

Itu disampaikan Penjabat Gubernur Sulawesi Barat, Akmal Malik usai menyerahkan sapi kurban dari Presiden untuk masyarakat kepada panitia pelaksanaan kurban Masjid Al Ikhlas, Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju, Ahad (10/7/2022).

Sapi kurban Presiden itu bernama Vico dan memiliki bobot 1 ton 27 kilogram. Akmal berharap daging kurban itu dapat didistribusikan kepada warga yang berhak menjadi penerima.

"Saya harap panitia kurban di Sulbar meminimalisir penggunaan plastik atau kantong kresek sebagai wadah, ini merupakan upaya bersama dalam menjaga lingkungan. Gunakan bahan lokal saja, seperti daun,” ujar Akmal.

 

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sapi Bali dari Keluarga Akmal

Selain itu, Akmal juga menyerahkan sapi kurban pribadi dari pihak keluarga, hewan kurban jenis sapi Bali ini diniatkan pula untuk didistribusikan bagi masyarakat Sulawesi Barat. Ada 30 sapi kurban yang didistribusikan Pemprov Sulawesi Barat keenam kabupaten.

"Ini kurban keluarga, kita bagikan di sini," kata Akmal. 

Penyembelihan sapi kurban dari pihak keluarga Akmal dilakukan di kawasan Masjid Baitul Anwar, Komplek Perkantoran Gubernur Sulbar. Akmal mengatakan, perayaan Idul Adha menumbuhkan semangat berkurban dan menjadi spirit di tengah upaya pemulihan ekonomi nasional, khususnya di daerah pasca pandemi Covid-19.

"Menghadapi pemulihan ekonomi, semangat berkurban dan berbagi sangat relevan," ungkapnya.

Sementara itu, Iman Masjid Al Ikhlas ,Jupri yang menerima dan akan mendistribusikan sapi kurban dari Presiden Joko Widodo menyatakan, pihaknya sudah membagikan 600 kupon kepada yang berhak menerima bantuan daging sapi kurban tersebut.

"Sisanya untuk warga, keseluruhan didistribusikan kepada warga yang terdampak gempa dan banjir," ujar Jupri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.