Sukses

Harmoni di Tengah Perbedaan Hari Idul Adha Muhammadiyah dengan Pemerintah

Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat, mengajak masyarakat menghormati perbedaan penetapan Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah antara organisasi Muhammadiyah dan pemerintah

Liputan6.com, Bogor - Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat, mengajak masyarakat menghormati perbedaan penetapan Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah antara organisasi Muhammadiyah dan pemerintah dengan tetap memfasilitasi lokasi Shalat Idul Adha pada Sabtu (9/7) dan Minggu (10/7).

Pelaksana Harian Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim di Mapolresta Bogor, Selasa, menyampaikan telah berkoordinasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), termasuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bogor untuk menyikapi hal tersebut.

"Kita berikan izin (Muhammadiyah lebih dulu), sudah konsolidasi dengan berbagai pihak, termasuk juga kami sudah koordinasikan dengan Forkopimda, pada prinsipnya tidak ada masalah," kata Dedie, dikutip Antara.

Menurut Dedie, perbedaan disikapi dengan rukun dan harmonis antarumat beragama di Kota Bogor akan membuat kenyamanan masyarakat.

Hasil sidang isbat penentuan awal bulan Dzulhijah 1443 yang disampaikan oleh Kementerian Agama menetapkan Hari Raya Idul Adha atau 10 Zulhijah 1443 H jatuh pada Minggu (10/7).

Sedangkan keputusan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah lebih dulu menetapkan 10 Dzulhijjah 1443 atau Hari Raya Iduladha jatuh pada Sabtu (9/7).

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Idul Adha Aman dan Kondusif

Pemerintah Kota Bogor, kata Dedie, mempersilakan masyarakat dalam hal ini organisasi Muhammadiyah untuk melaksanakan shalat Idul Adha 1443 Hijriah secara berjamaah di Lapangan Sempur dan masyarakat yang ikut ketetapan pemerintah pada hari selanjutnya di masjid-masjid atau lokasi yang memungkinkan.

"Pemkot Bogor rencananya di Masjid Raya, Insya Allah nanti kita koordinasikan dengan MUI dan lain lain," ujarnya.

Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto menambahkan dewan mendukung pemerintah kota, kepolisian dan TNI untuk menjaga keamanan dan ketertiban pelaksanaan Idul Adha 1443 Hijriah.

Menurutnya, Forkopimda harus memastikan pelaksanaan Idul Adha bisa berlangsung aman, kondusif, nyaman, dengan pelaksanaan yang mungkin berbeda.

"Saya kira (perbedaan) bentuk kekayaan negara kita, khasanah umat Islam, kita hormati masing-masing dan tidak ada yang salah semua benar, tinggal bagaimana keduanya saling menghormati," kata Atang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.