Sukses

Puluhan WBP Rutan Serang Menikmati Daging Kurban Bersama Keluarga

Sebanyak 24 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Serang bisa kembali berkumpul bersama keluarga untuk menikmati daging kurban saat Idul Adha 2022

Liputan6.com, Serang - Sebanyak 24 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Serang bisa kembali berkumpul bersama keluarga untuk menikmati daging kurban saat Idul Adha 2022. Mereka beruntung bisa kembali ke rumah, melalui progam asimilasi rumah (asirum) dari Kemenkumham.

"Mau kumpul sama anak istri, keluarga, pas Lebaran. Udah kangen sama mereka," kata ABS, salah satu WBP Rutan Kelas IIA Serang, dalam rilis resminya, Sabtu (09/07/2022).

Pilihan WBP itu bisa kembali ke keluarganya masing-masing, usai mendapatkan pembebasan melalui asimilasi rumah (asirum), Jumat, 08 Juli 2022. Sebelum menghirup udara bebas, mereka mendapatkan petuah dari Balai Pemasyarakatan (Bapas) Serang.

ABS, yang pernah menjadi tahanan pendamping atau kerap disebut tamping ini berjanji tidak akan lagi berurusan dengan hukum. Masuk ke dalam penjara menjadi pelajaran berharga bagi dirinya, karena harus berjauhan dengan keluarganya untuk waktu yang cukup lama.

"Semoga kedepan saya bisa jadi pribadi yang lebih baik lagi. Terima kasih Rutan dan Bapas Serang untuk semua pelajaran dan nasehatnya," ujarnya.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nasihat Kepala Rutan Kelas IIA Serang

Kepala Rutan Kelas IIA Serang, Doddy Naksabani menerangkan, program asirum telah diperpanjang hingga Desember 2022 oleh Kemenkumham.

Pria berkepala plontos ini mengatakan, perpanjangan program asirum untuk mencegah penularan Covid-19 di dalam rutan, sekaligus mengurangi penghuni di balik jeruji besi.

Dirinya berharap tidak ada lagi mangan WBP Serang yang kembali masuk kedalam penjara. Karena waktu bersama keluarga sangat berharga. 

"Ini yang pulang, saya harap dapat menyelesaikan bimbingannya dengan Bapas Serang. Dan tetap menjaga komunikasi yang baik. Semoga nanti kitab bisa bertemu Kembali, tapi bukan disini. Ditempat yang lebih baik di luar sana," ujar Dody Naksabani, Kepala Rutan Kelas IIA Serang, dalam rilis yang sama, Sabtu (09/08/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.