Sukses

BMKG Prediksi Banjir Rob Masih Berpotensi Landa Aceh Barat, Cek Tanggalnya

Fenomena potensi banjir rob yang terjadi di wilayah pantai barat Aceh juga disebabkan karena saat ini wilayah Aceh, sedang dalam musim angin baratan sehingga menambah ketinggian gelombang

Liputan6.com, Meulaboh - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi potensi banjir rob masih akan terjadi di wilayah pantai barat Aceh, khususnya di Meulaboh, ibu kota Kabupaten Aceh Barat.

"Penyebab banjir rob ini karena fenomena super full moon atau fase bulan purnama. Fenomenanya juga bersamaan dengan fase pasang air laut tertinggi pada tanggal 13 Juli nanti," kata prakirawan Stasiun BMKG Bandar Udara Cut Nyak Dhien Nagan Raya, Provinsi Aceh, Rahmat Zikri kepada ANTARA, Jumat malam.

Ia mengatakan, fenomena potensi banjir rob yang terjadi di wilayah pantai barat Aceh juga disebabkan karena saat ini wilayah Aceh, sedang dalam musim angin baratan sehingga menambah ketinggian gelombang.

Rahmat Zikri juga menambahkan, berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, potensi banjir pesisir (rob) berpotensi di beberapa wilayah pesisir Indonesia pada tanggal 11-19 Juli 2022.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perkiraan Waktu Banjir Rob Pesisir Aceh

Khusus untuk daerah pesisir Aceh (pesisir Barat), kata dia, diprediksi potensi banjir rob mulai dari tanggal 12-17 Juli 2022.

"Apabila ada potensi (banjir rob) tentu juga bisa ada bahaya. Secara umum dapat menganggu aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir," kata Rahmat Zikri menambahkan.

Karena masih adanya potensi terjadinya banjir rob di wilayah pantai barat Aceh termasuk Meulaboh, ibu kota Kabupaten Aceh Barat, pihaknya mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan siaga.

Hal ini untuk mengantisipasi dampak maksimum air laut saat beraktivitas di pesisir, demikian Rahmat Zikri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Banjir rob adalah banjir di tepi pantai karena permukaan air laut yang lebih tinggi daripada bibir pantai atau daratan di pesisir pantai.
    Banjir rob adalah banjir di tepi pantai karena permukaan air laut yang lebih tinggi daripada bibir pantai atau daratan di pesisir pantai.

    Banjir ROB

  • Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.
    Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.

    Banjir

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • aceh barat

  • Aceh

  • Meulaboh