Kala Ridwan Kamil Jenguk Jemaah Haji yang Terbaring karena Stroke

Oleh Huyogo Simbolon pada 08 Jul 2022, 00:00 WIB
Diperbarui 08 Jul 2022, 00:00 WIB
Ridwan Kamil
Perbesar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjenguk sekaligus menyemangati salah satu jemaah asal Subang, Winingsih, yang sedang terbaring karena stroke. (Foto: Biro Adpim Jabar)

Liputan6.com, Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang juga Amirul Hajj Jabar kembali mengunjungi penginapan jemaah haji asal Jabar di Hotel Suad Palace dan Dar Hasan Hotel, Arab Saudi, Rabu (6/7/2022) malam waktu setempat.

Selain menyapa para jemaah, pria yang akrab disapa Emil itu menjenguk sekaligus menyemangati salah satu jemaah haji asal Subang, Winingsih, yang sedang terbaring karena stroke. 

"Salah satu jemaah Haji asal Subang Jawa Barat yang sedang mendapatkan ujian. Saya jenguk dan semangati semalam. Beliau sakit terkena stroke saat di tanah suci, yang membuatnya tidak mampu bergerak sehingga tidak bisa melaksanakan lanjutan ritual ibadah haji," tulis Emil di akun pribadi Instagramnya, @ridwankamil.

"Untungnya, Islam memberikan kemudahan atau rukhsah kepada mereka yang berhalangan. Tim Haji Jawa Barat sudah mengantisipasi hal-hal ini, dengan menyiapkan personel pengganti Ibu Winingsih dengan syariat yang disebut Badal Haji atau dihajikan. Insya Allah, pulang ke tanah air tetap dengan predikat Hajjah yang menyempurnakan rukun islam ke-5 nya," ujar Emil menambahkan.

Selain itu, Emil juga berbincang-bincang dengan para jemaah haji asal Jabar sekaligus menyantap bakso dan bala-bala.

Kemudian, Kang Emil juga bertemu dengan pemilik empat hotel yang menjadi penginapan jemaah haji asal Jabar. Pertemuan itu untuk membahas permasalahan air yang sempat terjadi di hotel. 

"Ini adalah Mr. Walid. Beliau memiliki empat hotel yang semua disewa oleh rombongan Jawa Barat, Indonesia. Ada komplain sedikit urusan air kemarin. Hari ini, beliau menyampaikan urusan air sudah tertangani. Jadi, itu contoh ada masalah kita respons, pemilik datang langsung," tuturnya. 

 

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Jemaah Haji Jabar

Sebelumnya, Emil sudah memastikan sistem pelayanan untuk jemaah haji asal Jabar, seperti logistik dan kesehatan, aman dan terkendali. Selain klinik-klinik kesehatan di setiap hotel per sektor, hadir juga EMC (Emergency Medical Team) yang siap menangani masalah kesehatan para jemaah. 

"Saya bersama EMT Emergency Medical Team yang memastikan jemaah kalau ada masalah kesehatan ditangani dengan baik. Yang kedua, mau menunggu atau di lapangan, ini ada tasnya. Isinya obat-obatan untuk nanti wukuf di Arafah yang memang paling masif. Tapi, kita doakan yang penting semua sehat," ucapnya.

"Pergi selamat, pulang selamat, menjadi haji mabrur dan mabrurah," katanya.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya