Sukses

Gegara Bocah Bermain Korek, Rumah Kios di Mamuju Hangus Terbakar

Rumah seorang warga di Kelurahan Sinyinyoi Selatan, Kecamatan Kalukku, Mamuju, Sulawesi Barat hangus terbakar pada Kamis (07/07/2022).

Liputan6.com, Mamuju - Nasib kurang beruntung dialami Nurdin warga Kelurahan Sinyinyoi Selatan, Kecamatan Kalukku, Mamuju, Sulawesi Barat. Rumahnya yang juga menjadi kios usaha kelontongnya hangus terbakar, Kamis (07/07/22).

Nurdin menceritakan, sesaat sebelum kebakaran terjadi sekitar pukul 10.25 Wita, sejumlah anak kecil (bacah) tengah bermain korek api kayu di depan rumahnya. Pada saat bersamaan, istri Nurdin sedang memindahkan bensin dari dalam jeriken ke botol.

"Botol bensin itu jatuh dan terkena percikan api korek, api langsung menyala dan menjalar ke botol bensin lainnya," kata Nurdin.

Nahas, di dekat botol bensin itu, ada 40 tabung gas berukuran 3 kilogram dan tiga jeriken berisi masing-masing 35 liter bensin. Kebakaran hebat tidak bisa terhidarkan, rumah Nurdin hangus dalam sekejap mata.

"Awalnya saya berusaha memadamkan api, tapi tidak bisa karena api langsung membesar," ujar Nurdin.

Nurdin mengakui, tidak ada barang yang bisa dia selamatkan akibat kebakaran itu, dia mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah. Istri Nurdin bahkan harus dilarikan ke rumah sakit karena mengalami luka bakar.

"Tidak ada yang bisa diselamatkan kalau begini, semua hangus terbakar. Istri saya mengalami luka bakar di bagian kaki," tambah Nurdin.

Sedangkan, Kabid Damkar Pemkab Mamuju, Randy Noertadi mengatakan, pihaknya menerima laporan pukul 10.30 Wita dan langsung bergerak ke lokasi kebakaran. Satu unit armada damkar diturunkan dan api bisa dipadamkan satu jam kemudian.

"Kerugian materi akibat kebakaran tersebut ditaksir mencapai Rp80 juta. Api juga membakar seluruh isi jualannya, sekitar 80 persen api membakar rumahnya," tutup Randy.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.