Sukses

Jadi Tuan Rumah Fornas VI, Gubernur Sumsel: Penjualan Pempek Bisa Meningkat 2 Kali Lipat

Gubernur Sumsel Herman Deru mengaku gembira dengan keberhasilan penyelenggaraan Fornas VI di Sumsel setelah lebih dari dua tahun acara-acara besar yang mendatangkan banyak orang ditiadakan.

Liputan6.com, Palembang - Aryaduta, Palembang, Sumatera Selatan menjadi lokasi penyelenggaraan Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (Fornas) VI untuk cabang Esports. Antusiasme warga Sumatera Selatan (Sumsel) dan pecinta olahraga rekreasi ini terlihat sangat besar.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengaku gembira dengan keberhasilan penyelenggaraan Fornas VI di Sumsel setelah lebih dari dua tahun acara-acara besar yang mendatangkan banyak orang ditiadakan.

"Sumsel mendapat hikmah yang banyak, kita baru melewati era yang begitu pahit, untuk bersalaman pun sulit apalagi mendatangkan orang banyak. Jadi, apa pun daya upaya kita, ini harus terjadi. Ternyata yang datang lebih dari 12 ribu orang, bisa dikatakan rekor event dengan pengunjung terbanyak," ujar Herman Deru dalam sambutan pembukaan Fornas Esports di Aryaduta Palembang, Rabu (6/7/2022).

Menurut Herman Deru, acara ini, selain memberikan kegembiraan, juga mendatangkan manfaat dari sisi ekonomi. Dia menyebut diperkirakan terjadi peningkatan penjualan sejumlah produk, salah satunya adalah pempek, makanan khas Palembang.

"Selama ini, Palembang memproduksi pempek itu 11 ton, 7 ton keluar, 4 ton dikonsumsi oleh orang Sumsel sendiri. Dengan adanya fornas ini bisa dua kali lipat pempeknya, tapi hati-hati para pemain Esports jangan kebanyakan makan pempek, nanti mengantuk disalip sama teman-temannya," canda Herman Deru.

Tidak hanya pempek, Herman Deru melanjutkan, penjualan merchandise pun juga melejit. Bahkan, dia menyebutkan, merchandise yang dijajakan di lokasi pelaksanaan Fornas Esports ludes terjual.

"Merchandise tak bersisa, artinya pemilihan maskot juga tidak salah, tapi mungkin ada perilaku yang kurang pas atau sambutan yang kurang mengena di hati, saya mewakili warga Sumsel, memohon maaf setinggi-tingginya, jangan sampai perilaku yang kurang pas itu menghambat kontingen untuk belanja, kasihan sama pedagang-pedagang," dia menandaskan.

Sebagai informasi, Rabu 6 Juli 2022 sampai Kamis, 7 Juli 2022 Fornas VI akan digelar di Aryaduta, Palembang, Sumatera Selatan.

Cabang Olahraga Esports akan mempertandingkan 4 games, yaitu Mobile Legend Bang Bang, PUBG MOBILE, Clash Royale, dan E-Football. Ajang ini diikuti oleh 26 daerah dari berbagai provinsi.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.