Kunjungi Nias, Jokowi Tinjau Sejumlah Infrastruktur dan Bagikan Bansos

Oleh Reza Efendi pada 06 Jul 2022, 09:59 WIB
Diperbarui 06 Jul 2022, 09:59 WIB
Jokowi
Perbesar
Jokowi mengawali kunjungan kerja di Sumut, Rabu (6/7/2022). Jokowi bertolak menuju Kota Gunungsitoli, Kepulauan Nias (Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Medan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengawali kunjungan kerja di Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Rabu (6/7/2022). Jokowi bertolak menuju Kota Gunungsitoli, Kepulauan Nias.

Pesawat ATR-Pelita Air membawa Presiden dan rombongan lepas landas dari Pangkalan Udara Soewondo, Kota Medan, sekitar pukul 07.20 WIB.

Setibanya di Bandara Binaka, Jokowi beserta rombongan melanjutkan perjalanan darat menuju Kabupaten Nias Utara untuk membagikan bantuan sosial (bansos) kepada para penerima di Pasar Alasa. Kemudian meninjau lokasi proyek peningkatan struktur jalan.

Setelah itu, Jokowi akan menuju helipad Lapangan Alasa untuk selanjutnya bertolak ke Kabupaten Nias Barat menggunakan helikopter Super Puma TNI AU, dan tiba di helipad Lapangan Sepak Bola Sirombu.

"Jokowi diagendakan meninjau infrastruktur jalan nasional dan jembatan serta menyerahkan sejumlah bantuan sosial di Pasar Mandrehe," bunyi keterangan Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, diperoleh Liputan6.com.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Bansos yang Diserahkan

Presiden Jokowi
Perbesar
Ilustrasi - Presiden Jokowi bagikan bansos PKH dan BPNT di Kabupaten Cilacap. (foto: dok. Kemensos)

Bansos yang diserahkan yaitu Bantuan Modal Kerja (BMK) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng bagi para peserta Program Keluarga Harapan (PKH) dan pedagang.

Pada sore hari, dari Kabupaten Nias Barat, Jokowi dan rombongan, akan kembali ke Bandara Binaka menggunakan helikopter Super Puma TNI AU, selanjutnya bertolak menuju Kota Medan.

Turut mendampingi Jokowi dalam penerbangan menuju Kota Gunungsitoli antara lain Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, dan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna H. Laoly.

Turut serta juga Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden, Marsda TNI M. Tonny Harjono, Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, Pangdam I/Bukit Barisan, Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, dan Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak.


Semangat Baru Perangi Stunting

Jokowi
Perbesar
Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, sambut kedatangan Presiden Jokowi di Pangkalan Udara Soewondo, Kota Medan, Selasa (5/7/2022)

Presiden Jokowi bersama Ibu Negara, Iriana, tiba di Pangkalan Udara Soewondo, Medan, Selasa, 5 Juli 2022. GubernurSumut, Edy Rahmayadi, menyambut langsung kedatangan Jokowi.

Jokowi direncanakan mengunjungi beberapa wilayah mulai Kepulauan Nias hingga Medan. Mulai dari bertemu dengan masyarakat Program Keluarga Harapan di Pasar Petisah Medan, meninjau Pusat Penelitian Kelapa Sawit, Hari Keluarga Nasional (Harganas), peresmian revitalisasi Lapangan Merdeka Medan, hingga peninjauan rumah apung di Belawan.

Edy Rahmayadi bangga Jokowi bisa langsung datang pada peringatan Hari Keluarga Nasional yang dipusatkan di Medan. Kedatangan Presiden menjadi semangat untuk memerangi stunting.

Sehingga, lanjutnya, Sumut yang kini prevelansi 25,8persen bisa mengejar target nasional di angka 14 persen pada tahun 2024.

"Suatu kehormatan, dan ini menjadi semangat baru bagi Sumut untuk terus memerangi stunting," kata Gubernur Edy.


Puncak Harganas ke 29

Kepala BKKBN
Perbesar
Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo meninjau kesiapan acara dan lokasi yang akan dikunjungi Presiden Jokowi di Medan

Puncak perayaan Harganas ke 29 mengusung Tema “Ayo Cegah Stunting Agar Keluarga Bebas Stunting” akan dihadiri langsung Presiden Jokowi. Perhelatan ini akan digelar secara hybrid, dan diikuti sekitar 105 ribu orang baik langsung maupun daring.

Berdasarkan rundown acara, Jokowi direncanakan akan mengunjungi dua tempat, yakni Kecamatan Belawan dan Lapangan Merdeka Kota Medan yang menjadi lokasi puncak Harganas.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya