Kedatangan Jokowi di Medan Jadi Semangat Baru Perangi Stunting

Oleh Reza Efendi pada 05 Jul 2022, 23:12 WIB
Diperbarui 05 Jul 2022, 23:28 WIB
Jokowi
Perbesar
Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, sambut kedatangan Presiden Jokowi di Pangkalan Udara Soewondo, Kota Medan, Selasa (5/7/2022)

Liputan6.com, Medan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara, Iriana, tiba di Pangkalan Udara Soewondo, Kota Medan, Selasa (5/7/2022). Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyambut langsung kedatangan Jokowi.

Presiden direncanakan mengunjungi beberapa wilayah mulai Kepulauan Nias hingga Kota Medan.

Mulai dari bertemu dengan masyarakat Program Keluarga Harapan di Pasar Petisah Medan, meninjau Pusat Penelitian Kelapa Sawit, Hari Keluarga Nasional (Harganas), peresmian revitalisasi Lapangan Merdeka Medan, hingga peninjauan rumah apung di Belawan.

Edy Rahmayadi bangga Jokowi bisa langsung datang pada peringatan Hari Keluarga Nasional yang dipusatkan di Medan. Kedatangan Presiden menjadi semangat untuk memerangi stunting.

Sehingga, lanjutnya, Sumut yang kini prevelansi 25,8persen bisa mengejar target nasional di angka 14 persen pada tahun 2024.

"Suatu kehormatan, dan ini menjadi semangat baru bagi Sumut untuk terus memerangi stunting," kata Gubernur Edy.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Berikan Hal Positif

Presiden Jokowi
Perbesar
Edy Rahmayadi bangga Jokowi bisa langsung datang pada peringatan Hari Keluarga Nasional yang dipusatkan di Medan. Kedatangan Presiden menjadi semangat untuk memerangi stunting

Dalam kunjungan kerja Jokowi, Gubernur Edy direncanakan akan terus mendampingi. Edy Rahmayadi optimis kedatangan Presiden bisa memberikan hal positif bagi masyarakat Sumut.

"Khususnya kepada masyarakat yang akan didatanginya," kata Edy.

Gubernur Sumut juga berharap kedatangan Jokowi dan melihat langsung ke tempat-tempat yang didatangi, bisa langsung dapat penanganan.

"Apalagi atas perintah Presiden," ujarnya.


Kepala BKKBN Tinjau Lokasi

Kepala BKKBN
Perbesar
Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo meninjau kesiapan acara dan lokasi yang akan dikunjungi Presiden Jokowi di Medan

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo meninjau kesiapan acara dan lokasi yang akan dikunjungi Presiden Jokowi di Medan.

Tiba di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Hasto langsung menuju Kecamatan Belawan untuk meninjau bedah rumah apung di Lorong 6 Umum, Bagan Deli. Lokasi ini akan dihadiri Jokowi di acara puncak Harganas pada Kamis, 7 Juli 2022.

"Ini memang spirit dari Pak Presiden Jokowi dan Pak Wali Kota, Bobby Nasution. Pak Presiden ingin daerah-daerah ini bebas dari miskin ekstrem dengan cara memperbaiki infrastrukturnya. Juga yang usianya masih muda, yang akan hamil akhirnya bebas dari stunting," kata Hasto.

Hasto menjelaskan, salah satu syarat agar suatu daerah terbebas dari stunting adalah terciptanya lingkungan yang sehat dan layak huni, seperti sanitasi yang baik dan juga tersedianya air bersih.

"Kita ke Belawan dalam hal itu. Jadi sudah diberikan sarana, misal ada air bersih jadi dirawat sendiri, dibikinkan rumah dijaga biar gak kumuh, kebersihan dijaga sendiri," ujarnya.


Berdialog dengan Warga

Kepala BKKBN
Perbesar
Hasto sempat berdialog dengan salah satu warga bernama Misnah Wati yang rumahnya mendapat bantuan renovasi dari Pemerintah Kota (Pemko) Medan

Hasto sempat berdialog dengan salah satu warga bernama Misnah Wati yang rumahnya mendapat bantuan renovasi dari Pemerintah Kota (Pemko) Medan.

Misnah mengaku senang akhirnya bisa memiliki rumah yang layak huni untuk keluarganya. Misnah merupakan orang tua tunggal yang memiliki 4 orang anak.

"Terima kasih, pak, saya bersyukur sekali rumah saya bisa direnovasi jadi lebih bagus dan lebih bersih," kata Misnah kepada Hasto.

Misnah yang merupakan buruh di pelelangan ikan ini mengaku rumahnya setiap hari selalu diterjang banjir pasang. Hal tersebut membuat Misnah dan anak-anaknya tidak bisa beraktifitas atau istirahat sepulang kerja.

Tak hanya itu, untuk mandi cuci kakus setiap hari, Misnah harus membeli air bersih sebesar Rp 10 ribu kepada tetangganya. Oleh karena itu dirinya bersyukur mendapat bantuan bedah rumah dari pemerintah.

"Setiap pukul 16.00 WIB pasti air pasang masuk ke dalam rumah. Nanti baru surut setelah dua jam kemudian. Alhamdulillah sekarang sudah dipasang air PAM jadi tidak perlu beli air lagi," katanya.


Digelar Secara Hybrid

Kepala BKKBN
Perbesar
Hasto langsung menuju Kecamatan Belawan untuk meninjau bedah rumah apung di Lorong 6 Umum, Bagan Deli. Lokasi ini akan dihadiri Jokowi di acara puncak Harganas pada Kamis, 7 Juli 2022

Puncak perayaan Harganas ke 29 mengusung Tema “Ayo Cegah Stunting Agar Keluarga Bebas Stunting” akan dihadiri langsung Presiden Jokowi.

Perhelatan ini akan digelar secara hybrid, dan diikuti sekitar 105 ribu orang baik langsung maupun daring.

Berdasarkan rundown acara, Jokowi direncanakan akan mengunjungi dua tempat, yakni Kecamatan Belawan dan Lapangan Merdeka Kota Medan yang menjadi lokasi puncak Harganas.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya