Sukses

Pemuda Ajak Sumatera Satukan Kekuatan Songsong 2024

Tokoh asal Pulau Sumatera banyak yang punya andil besar sejak perjuangan kemerdekaan. Di awal-awal Indonesia merdeka, bahkan para tokoh Sumatera telah banyak berperan mengisi kepemimpinan nasional.

Liputan6.com, Medan Tokoh asal Pulau Sumatera banyak yang punya andil besar sejak perjuangan kemerdekaan. Di awal-awal Indonesia merdeka, bahkan para tokoh Sumatera telah banyak berperan mengisi kepemimpinan nasional.

Tokoh Pemuda Sumatera Utara (Sumut), Samsir Pohan, saat berbicara dalam sebuah diskusi terbatas bertajuk Jelang Tahun Politik 2024 di Percut Sei Tuan, Kabupaten Deliserdang, menekankan, Sumatera memiliki posisi kuat dalam setiap arah pembangunan bangsa.

"Di era perjuangan kemerdekaan, kita punya banyak tokoh, mulai dari Aceh hingga Lampung. Di awal kemerdekaan, Mohammad Hatta mengisi posisi Wakil Presiden mendampingi Bung Karno," kata Samsir, Senin, 4 Juli 2022.

Samsir menilai, tokoh Sumatera sangat penting untuk menduduki posisi strategis dalam kepemimpinan nasional pada 2024 mendatang. Baik itu Presiden, Wakil Presiden, maupun menteri-menteri yang membantu kepemimpinan nasional.

"Tokoh-tokoh Sumatera jika dilihat dari sisi kualitas, dalam rekam jejaknya memiliki kualitas, baik kapasitas maupun integritas," sebutnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sumatera Pulau Terbesar ke-6

Samsir yang juga Ketua DPD KNPI Sumut mengatakan, Sumatera merupakan pulau terbesar keenam di dunia. Jumlah penduduknya mewakili sekira 24 persen dari jumlah penduduk Indonesia.

Tak hanya itu, sumber daya alam Sumatera juga bagian penting dari penopang pemasukan keuangan negara. Perkebunan seperti kepala sawit, tambang mineral, dan sumber daya energi lain melimpah.

"Wajar jika Sumatera merupakan repesentasi dominan selain Pulau Jawa menjadi bagian penting dalam kepemimpinan nasional," sebutnya.

Secara geografis dan geopolitik, lanjutnya, Sumatera juga memegang peranan penting. "Keberadaan Selat Malaka merupakan wilayah strategis dari dulu hingga kini," ujarnya.

3 dari 4 halaman

Pusat Perdagangan

Samsir juga mengatakan, kota-kota besar yang ada di Sumatera memiliki peran strategis sebagai pusat perdagangan. Tidak salah jika Sumatera kaya dan potensial sekali.

"Kita harus jaga dan kelola. Laut Cina Selatan yang selalu diperebutkan dan diklaim negara tetangga jangan sampai lepas," tegasnya.

Untuk itu, Samsir mengajak pemuda di Sumut, Aceh, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Barat, Bengkulu, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, dan Lampung untuk bersatu menyatukan persepsi menyongsong Pemilu 2024.

"Para pemuda Sumatera harus bersatu menata kepemimpinan nasional yang lebih baik, berkeadilan dan representatif," ucapnya.

4 dari 4 halaman

Bersiap Jelang 2024

Samsir mengimbau para elit dan tokoh asal Sumatera harus bersiap diri menjelang 2024. Jangan malu-malu untuk mengisi posisi kepemimpinan nasional. "Kita yakin Sumatera bisa," ujarnya.

Samsir juga mengajak pemuda di Sumut, Aceh, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Barat, Bengkulu, Bangka Belitung, Sumatera Selatan dan Lampung untuk bersatu menyatukan persepsi menyongsong Pemilu 2024.

"Pemuda Sumatera bersatu menata kepemimpinan nasional yang lebih baik, berkeadilan dan representatif," Samsir menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.