Sukses

Foto-Foto Brigita Manohara Sabet Dua Rekor MURI

Brigita Manohara sukses menyelesaikan ujian promosi doktor di Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Presenter Brigita Manohara menyabet dua penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI). Rekor pertama pemilik nama lengkap Brigita Purnawati Manohara ini adalah Perempuan Presenter dengan Gelar Akademik Terbanyak.

Rekor kedua adalah Perempuan Presenter Televisi Swasta Pertama Bergelar Doktor Hukum. Perempuan asal Surabaya ini pada Sabtu (2/7/2022) lalu sukses menyelesaikan ujian promosi doktor di Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

Brigita maju ke persidangan bersama disertasi yang berjudul 'Pengelolaan Hulu Migas di Indonesia: Kajian Regulasi dan Institusi Berdasarkan Pasal 33 UUD NRI 1945'. Dia menggarisbawahi pentingnya regulasi yang stabil untuk kegiatan usaha migas di Tanah Air.

"Apalagi bisnis migas merupakan bisnis dengan durasi kerja sama hingga puluhan tahun. Sementara institusi berkaitan erat dengan tempat sumber daya berada," jelasnya dalam sidang promosi doktor.

 

Dengan diraihnya gelar tersebut, Brigita kini telah mengantongi sejumlah gelar mulai dari Sarjana Arsitektur dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Sarjana Hukum Universitas Yos Sudarso Surabaya, Magister Komunikasi dari Universitas Dr. Soetomo Surabaya.

Dia kemudian melanjutkan studi pascasarjana Ilmu Hukum di peminatan hukum pidana Universitas Indonesia pada 2014. Kemudian, 2016 dilanjutkan studi doktoral di kampus yang sama dengan penjurusan terkait tata kelola migas.

Penghargaan untuk Brigita itu diberikan tepat setelah sidang disertasi terbukanya di Balai Sidang Djoko Soetono UI selesai pada pukul 15.00. Saat ini gelar lengkap yang dimilikinya menjadi Dr. Brigita Purnawati Manohara, S.T, S.H, M. Ikom, M.H.

 

Gelar yang dimiliki perempuan kelahiran 2 November 1985 berpotensi bertambah. Sebab, saat ini Manohara sedang menyelesaikan studi magister manajemen di Universitas Paramadina.

Brigita ingin menginspirasi perempuan untuk mau terus bersekolah setinggi-tingginya. “Ini adalah cara untuk menginspirasi agar orang mau sekolah lagi. Sebab, yang terpenting untuk kemajuan bangsa adalah sumber daya manusia-nya,” ujarnya.

Capaian Brigita Manohara mendapat apresiasi dari Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia yang datang pada sidang terbuka itu. “Saya ucapakan selamat untuk adinda Brigita Manohara. Saya tahu, di UI ini nggak gampang. Apalagi, di tengah kesibukannya sebagai presenter, tapi masih sempat belajar,” kata Bahlil.

 

Di tempat yang sama, mantan Menteri Perindustrian yang kini menjadi Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) UI Saleh Husin juga memberikan selamat. Dia tahu Brigita telah berusaha keras dan serius untuk lulus dari FH UI.

“Bersyukur hari ini bisa mempertahankan disertasinya di hadapan para promotor. Midah-mudahan ilmu yg didapatnya bisa bermanfaat untuk kepentingan masyarakat banyak,” ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.