Sukses

Si Jumbo Vico, Sapi Limosin Hewan Kurban Presiden saat Iduladha di Sulbar

Sapi jenis limosin itu dibeli dari salah satu peternak di Desa Kebun Sari, Kecamatan Wonomulyo, Polewali Mandar dan akan disembelih di Mamuju

Liputan6.com, Polewali Mandar - Seekor sapi jenis limosin bernama Vico dipilih Presiden Joko Widodo untuk disembelih saat Iduladha 1443 Hijriah di Sulawesi Barat (Sulbar). Sapi itu berasal dari salah satu peternakan di Kabupaten Polewali Mandar.

Kabid Peternakan Dinas Pertanian dan Peternakan Polewali Mandar, Kharuddin mengatakan, sapi jenis limosin itu memiliki berat 1,27 ton. Sapi itu dibeli dengan harga Rp110 juta dari peternak di Desa Kebun Sari, Kecamatan Wonomulyo.

"Sapi ini rencananya akan disembelih di Kabupaten Mamuju saat Idhuladha nanti," kata Kaharuddin kepada wartawan, Minggu (03/07/2022).

Kaharuddin memastikan, sapi pilihan Presiden ini bebas dari penularan penyakit mulut dan kuku (PMK) sebelum dikirim ke Mamuju. Sapi limosin itu terlebih dulu dikarantina dan mendapatkan pengawasan khusus dari peternak maupun dinas terkait.

"Sapi itu terbebas dari penyakit PMK, jadi sudah layak untuk dikurbankan, bahkan sudah melalui pemeriksaan fisik dan uji sampel darah, jadi bebas PMK," jelas Kaharuddin.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kebanggaan Pemilik Vico

Ahmad peternak sapi mengungkapkan rasa bahagia ketika sapi limosinnya dipilih sebagai hewan kurban orang nomor satu di negeri ini. Dia manambahkan, sapi berusia 3,3 tahun itu memang diperlakukan khusus, berbeda dengan sapi lokal.

"Sapinya dikandangkan, tidak seperti sapi lokal dilepasliarkan. Untuk pakan berupa batang pisang yang telah dicacah dengan rumput dan dedaunan. Minuman berupa air yang dicampur dedak," ungkap Ahmad.

Ahmad berharap, sapi yang akrab disapa Vico itu bisa memberi keberkahan bagi Presiden Joko Widodo beserta keluarga dan seluruh jajaran pemerintahan. Bagitu juga masyarakat yang menerima daging kurban mendapat manfaat dari sapi yang selama ini dia rawat.

"Alhamdulillah, terima kasih Presiden, semoga keberkahan selalu menyertai kita semua," tutup Ahmad.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.