Memaksimalkan Program CSR yang Berbuah Penghargaan Tertinggi dan Terbaik

Oleh Abdul Jalil pada 03 Jul 2022, 13:00 WIB
Diperbarui 03 Jul 2022, 13:00 WIB
BISRA
Perbesar
Sandy Indrawan, Direktur PT Berau Coal menerima penghargaan CSR terbaik di BISRA 2022.

Liputan6.com, Samarinda - Perhelatan Bisnis Indonesia Corporate Social Responsibility Award (BISRA) kembali digelar di tahun 2022 ini. Penghargaan ini untuk menilai perusahaan-perusahaan di Indonesia yang menjalankan program tanggung jawab sosial perusahaan di Indonesia.

Pada tahun ini, PT Berau Coal menjadi salah satu perusahaan yang mendapat penghargaan itu. Tak hanya tertinggi, salah satu pilar bisnis Sinar Mas di bidang pertambangan batubara ini juga menjadi yang terbaik.

Gelaran tahun kedua BISRA, Berau Coal berhasil memborong dua sekaligus penghargaan tertinggi dan terbaik dalam ajang penghargaan tersebut. Keduanya adalah Platinum Champion  in Corporate Social Responsibility Program dan The Best Award For Community Development/Empowerment Program dalam Kelompok Perusahaan Swasta Nasional Non Tbk.

Penghargaan diserahkan oleh Presiden Komisaris Bisnis Indonesia, Hariyadi Sukamdani kepada Direktur PT Berau Coal Sandy Indrawan dan CSR Advisor PT Berau Coal Horas Parsaulian Pardede di Ballroom Le Meridien Hotel Sudirman, Jakarta, Rabu (29/6/2022).

Ajang penghargaan ini diberikan kepada sejumlah perusahaan yang dinilai sangat baik dalam menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR) berdasarkan hasil penilaian komprehensif sesuai dengan kaidah-kaidah penyelenggaraan program CSR. Serta perusahaan yang mengarahkan kinerja dan operasionalnya pada prinsip-prinsip yang mengutamakan Environmental, Social, dan Government (ESG).

Sandy Indrawan yang menghadiri acara ini mengucap rasa syukur atas dua penghargaan yang berhasil diraih oleh perusahaannya.

“Penghargaan ini tentu menjadi penyemangat kami untuk terus melanjutkan program-program Corporate Social Responsibility yang berdampak dan berkelanjutan bagi para pemangku kepentingan perusahaan. Bagian dari komitmen PT Berau Coal dan Sinar Mas untuk terus memberikan manfaat positif untuk Berau dan Indonesia,” kata Sandy.

Horas Pardede menambahkan, PT Berau Coal secara konsisten menjalankan Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) di sekitar daerah operasi perusahaan. Program tersebut dibagi dalam 5 pilar yaitu Pilar Infrastruktur, Pilar Pendidikan, Pilar Kesehatan, Pilar Ekonomi dan Pilar Sosbudling (Sosial, budaya dan lingkungan).

“Program PPM melalui 5 pilar yang dijalankan bertujuan untuk mewujudkan kemandirian masyarakat,” ujar Horas.

Simak video pilihan berikut:


Motivasi dan Inspirasi

Petani Kakao
Perbesar
Petani Kakao Binaan PT Berau Coal melalui program CSR.

Presiden Komisaris Bisnis Indonesia, Hariyadi Budi Santoso Sukamdani menyebut BISRA digelar untuk memberikan motivasi dan inspirasi kepada perusahaan untuk memberikan kontribusi kepada komunitas yang rentan serta masyarakat berpenghasilan rendah.

Selain itu, anugerah tersebut diharapkan juga bisa memberikan pelajaran kepada perusahaan untuk bisa mengelola CSR secara efektif dan berdampak secara berkelanjutan. Hariyadi menambahkan, anugerah BISRA juga merupakan salah satu bentuk dukungan percepatan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) yang telah dicanangkan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB).

“Kami berharap bahwa anugerah ini bisa menjadi pendorong bagi perusahaan untuk lebih aktif dan lebih berperan di dalam menjalankan program CSR-nya sebagai bagian dari budaya perusahaan,” jelas Hariyadi dalam sambutannya.

Susanto Samsudin, National Director Habitat for Humanity Indonesia sekaligus Dewan Juri dalam BISRA 2022 menyebut acara tersebut sebagai salah satu bentuk apresiasi yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang telah menjalankan program CSR dengan baik.

Susanto menjelaskan bahwa ada sejumlah indikator penilaian yang dilakukan Dewan Juri sebelum memberikan penghargaan BISRA 2022. Salah satu indikatornya adalah sinergi antar pemangku kebijakan atau stakeholder.


Menjalankan Amanat UU

Rombong PKL
Perbesar
Mariama di depan rombong yang merupakan bantuan dari PT Berau Coal.

Staf Ahli Bidang Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Bappenas, Vivi Yulaswati menyatakan, adanya 9 produk hukum yang memayungi program CSR di Indonesia menjadi bukti bahwa program sosial perusahaan ini memiliki dampak penting.

“Jadi setiap upaya untuk mendorong terlaksananya program CSR di perusahaan-perusahaan adalah menjalankan amanat UU kita. BISRA 2022 adalah langkah yang patut diapresiasi dan didukung dan kami senang terlibat dalam program ini,” ujar Vivi.

Anugrah BISRA 2022 merupakan wujud apresiasi Bisnis Indonesia kepada perusahaan yang telah mengikuti seluruh tahapan proses penjurian. Tahapan tersebut dimulai dari registrasi, pengisian kuesioner, penyampaian data-data yang relevan, hingga interview/presentasi di hadapan Dewan Juri BISRA 2022, yang berlangsung pada Januari - Mei 2022.

Adapun dewan juri dari BISRA 2022, di antaranya Staf Ahli bidang Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Bappenas/Kepala Sekretariat Nasional SDGs Vivi Yulaswati, National Director Habitat for Humanity Susanto Samsudin, dan Pemimpin Redaksi Bisnis Indonesia Maria Y Benyamin.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya