Aksi Heroik TNI Selamatkan Orang Utan Akibat Banjir di Kotawaringin Barat

Oleh Marifka Wahyu Hidayat pada 02 Jul 2022, 05:00 WIB
Diperbarui 02 Jul 2022, 05:00 WIB
TNI Evakuasi Orangutan
Perbesar
Sumber: Instagram Korem102 Panju Panjung

Liputan6.com, Kotawaringin Barat- Banjir yang merendam kawasan hutan di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah (Kalteng), membuat habitat orang utan menjadi terganggu.

Dilansir melalui Instagram Komando Resor Militer 102/Panju Panjung, terlihat video seekor orang utan berjalan menyusuri jembatan lintas Kotawaringin lama, pada Jumat, 1 Juli 2022.

Dalam video berdurasi 55 detik tersebut, personel Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD) dari Komando Rayon Militer (Koramil) 1014-03 1014 - 03/Kolam, berusaha mengevakuasi orang utan yang keluar dari hutan akibat banjir.

Upaya penyelamatan primata yang dilakukan para prajurit tersebut mendapat pujian dari warganet.

"Keren TNI," "mantap pak babin," dan "terimakasih bapak sudah mengawal si utan. Bravo TNI," tulis akun-akun warganet.

Sebelumnya, keberadaan orang utan tersebut sempat diketahui oleh warga yang melintas, kemudian mereka melaporkannya ke koramil terdekat agar dilakukan upaya penyelamatan.

Sekadar informasi, hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) tidak hanya menyebabkan banjir di kawasan hutan. Sejumlah ruas jalan penghubung antardesa dan kecamatan juga ikut terendam salah satunya di jalan Aspek Km 25 Desa Sungai Kuning menuju Kecamatan Arut Utara.

 

Simak video pilihan berikut ini:

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya