PVMBG Sebut Potensi Letusan Gunung Awu di Sulut Kecil

Oleh Liputan6.com pada 30 Jun 2022, 19:00 WIB
Diperbarui 30 Jun 2022, 19:00 WIB
Gunung Awu
Perbesar
Status Gunung Awu di Sulawesi Utara. (Liputan6.com/ ESDM)

Liputan6.com, Manado - Potensi letusan Gunung Awu di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, masih terbilang kecil. Hal itu setidaknya diungkapkan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

"Potensi terjadinya letusan kecil ada karena kemarin dievaluasi tekanannya belum terlalu kuat untuk menghasilkan erupsi kolom yang tinggi karena tertutup kubah lava," katanya, Kamis (30/6/2022).

Energi yang berasal dari bawah, menurut dia, berusaha menekan tetapi belum cukup kuat walaupun kegempaan sudah seperti krisis.

"Kami masih tetapkan siaga level III," katanya.

Gempa vulkanik Gunung Awu terbilang banyak, berasosiasi dengan pergerakan energi dari dapur magma.

Ia menjelaskan tentang energi yang butuh proses untuk ke atas dan tergantung dari kondisi di pipa lubang erupsi apa cukup kuat meredam tekanan dari bawah atau tidak.

"Gunung Awu berbeda dengan Karangetang yang tidak menutup. Awu seperti disumbat sementara Karangetang tidak terlalu disumbat," ucapya.

Oleh karena itu, dia berharap, masyarakat sekitar Gunung Awu mematuhi rekomendasi yang dikeluarkan PVMBG.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral berharap masyarakat ataupun wisatawan tidak mendekati radius bahaya 3,5 kilometer dari kawah puncak Gunung Awu.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Jangan Terpancing Hoaks

Masyarakat sekitar gunung itu diharapkan tetap tenang, tidak terpancing isu-isu mengenai aktivitas Gunung Awu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Masyarakat juga diharapkan mengikuti arahan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Selain itu, masyarakat maupun pemerintah daerah dan instansi terkait lainnya dapat memantau perkembangan tingkat aktivitas maupun rekomendasi Gunung Awu setiap saat melalui aplikasi MAGMA Indonesia.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya