Manfaat Mie Kulit Singkong bagi Penderita Diabetes

Oleh Yanuar H pada 27 Jun 2022, 07:00 WIB
Diperbarui 27 Jun 2022, 07:00 WIB
Mie Laksa Daun Singkong
Perbesar
Mie Laksa Daun Singkong kreasi Chiensyn Kuliner (dok.Cookpad/Chiensyn Kuliner)

Liputan6.com, Yogyakarta - Sebagian besar masyarakat lebih sering membuang bagian kulit singkong, padahal, di dalam kulit singkong per 100 gram itu  terdapat kandungan gizi berupa kalori, protein, lemak, karbohidrat, serat dan air. Mahasiswa UNY memanfaatkan kuliner mie ini dengan membuat mie singkong yaitu mie dari kulit singkong.

Widakdo, Rahayu Iswanti, Vina Marfu’ah, Wahyu Karunia Putra dan Silviani Dian Aisya tergabung dalam Family of Mahadiksi UNY (Fomuny) membuat mie kulit singkong. Menurut Widakdo mereka membuat mie dari singkong yang disingkat Miesi. 

“Mie singkong ini akan kami olah dengan beberapa varian seperti mie goreng atau mie rebus dengan rasa pedas,” katanya pada awal Juni lalu.  

Harapannya Miesi menjadi pioner mie pedas sehat pertama di Indonesia yang berasal dari olahan kulit singkong sekaligus berkontribusiterhadap pelestarian lingkungan berwawasan bio bisnis. Rahayu Iswanti menambahkan bahwa mie ini dibuat dari olahan kulit singkong untuk meminimalisasi limbahnya. 

“Awalnya kulit singkong kami olah dulu menjadi tepung, baru kami buat menjadi mie,” kata Rahayu.

Tepung singkong ini lazim juga disebut tepung mocaf yang memiliki nilai karbohidrat cukup tinggi dan cocok untuk penderita autis yang alergi terhadap gluten karena tepung mocaf tidak mengandung gluten. Sehingga mie singkong aman untuk dikonsumsi anak autis atau penderita diabetes.

 

 

Saksikan Video Pilihan Ini:


Cara Pembuatan Mie Singkong

Wahyu Kurnia Putra mengatakan pembuatan mie singkong diawali dengan pengolahan kulit singkong menjadi tepung. Caranya, pertama kupas kulit singkong dan bersihkan lendirnya dengan air dan digosok-gosok. 

Kemudian potong tipis-tipis singkong dengan pisau atau alat pencacah hingga berbentuk seperti keripik atau chips, rendam dalam air bersih selama 3 hari. Ganti air setiap 24 jam. Angkat rendaman, tiriskan lalu jemur chips sampai kering dengan kadar air 10-12%. 

"Tumbuk atau giling chips kering lalu diayak hingga halus. Tepung singkong siap dibuat mie. Timbang tepung singkong sebanyak 1 kg, ditempatkan padawadah lalu masukkan 10 gram garam bersama 3 butir kuning telur kemudian diaduk hingga merata. Masukkan adonan ke dalam kain tipis kemudian padatkan teksturnya dan dikukus selama 25 menit," katanya. 

"Masukkan adonan ke dalam extruder atau alat pembuat mie untuk mencetak, setelah itu mie singkong siap dimasak," ucap dia.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya