Berenang Bareng Penyu di Taman Bawah Laut Bunaken nan Eksotis

Oleh Arfandi Ibrahim pada 26 Jun 2022, 06:00 WIB
Diperbarui 26 Jun 2022, 06:00 WIB
Dua pengunjung yang tengah melakukan penyelaman di bunaken
Perbesar
Pengunjung Wisata bawah laut bunaken saat berenang bersama penyu. Photo: Underwater Nelson Uada (Arfandi Ibrahim/Liputan6.com)

Liputan6.com, Gorontalo - Objek wisata taman laut Bunaken, yang terletak di Sulawesi Utara (Sulut), hingga saat ini masih menjadi primadona wisatawan lokal hingga mancanegara.

Bahkan, saat ini objek wisata yang terletak di Pulau Bunaken ini sudah menjadi Taman Nasional Bunaken. Objek wisata ini sudah ada sejak tahun 1991 dan menjadi salah satu objek wisata yang terkenal dengan keindahan bawah laut.

Ratusan spesies terumbu karang yang ada di tempat ini masih terjaga dan terlihat sangat asri. Itulah mengapa jika biota laut masih cukup banyak.

Ikan dengan beragam warna dan jenis, seketika menemani para penyelam. Bahkan mereka tidak segan-segan mendekati para penyelam, ikan tersebut seakan menyapa kedatangan pengunjung.

"Memang taman laut bunaken masih sangat indah. Saat menyelam kami sudah disambut oleh ikan dengan berbagai jenis," kata Wawan Iko, Coach Diving POSSI Gorontalo saat melancong ke bunaken.

Menurutnya, jika taman laut bunaken sangat cocok bagi mereka yang suka dengan diving atau hanya sekedar snorkling.

 

Simak juga video pilihan berikut:


Bertemu Penyu

Pengunjung Wisata bawah laut bunaken saat berenang bersama penyu.
Perbesar
Pengunjung Wisata bawah laut bunaken saat berenang bersama penyu. Photo: Underwater Nelson Uada (Arfandi Ibrahim/Liputan6.com)

Jika beruntung, pelancong akan bertemu dengan penyu besar yang bermukim di lokasi itu. Bahkan penyu tersebut seakan mau untuk diajak berenang bersama.

"Keindahan taman laut buken tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata, bagi yang penasaran ayo berkunjung kalian tidak akan menyesal," ungkap Wawan

Sementara itu, Nelson Uada anggota  Boboca Diving Club yang menjadi instruktur selam di wisata bunaken mengatakan,  jika taman laut bunaken malah lebih bagus dari yang dulu karena sudah terproteksi dengan taman nasional.

"Saat ini lebih bagus, bahkan dibandingkan dengan lima tahun lalu, saat ini penyu sudah lebih banyak," kata Nelson.

Tidak hanya penyu, pengunjung bisa melihat ikan jenis dengan ragam warga. Mulai dari ikan nemo hingga ikan mola-mola yang kerap menampakan diri.

"Bagi yang ingin diving maupun snorkeling, disini pengunjung langsung dipandu dengan biaya tertentu. Tergantung jumlah pengunjung," tuturnya.

Sementara untuk bisanya masuk ke lokasi bunaken, untuk wisatawan lokal hanya Rp 5 ribu rupiah per orang. Sedangkan untuk pelancong mancanegara itu biayanya Rp 150 ribu per orang.

"Jika mau datang ke lokasi Bunaken bisa menghubungi pengurus Boboca Diving Club," ia menandaskan.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya