360 Calon Jemaah Haji Kloter 1 Asal Kalimantan Timur Berangkat ke Tanah Suci

Oleh Apriyanto pada 24 Jun 2022, 22:00 WIB
Diperbarui 24 Jun 2022, 22:00 WIB
Jemaah Haji Asal Kaltim
Perbesar
Calon jemaah haji kloter pertama asal Kaltim saat memasuki pesawat pada Rabu (22/6/2022) sore. (Liputan6.com/Apriyanto)

Liputan6.com, Balikpapan - Sebanyak 360 calon jemaah haji kloter pertama asal Kalimantan Timur (Kaltim) yang terdiri dari 186 jemaah asal Kota Samarinda, 112 jemaah Kabupaten Paser dan 58 jemaah dari Penajam Paser Utara, serta didampingi 4 petugas PPIH mulai diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan pada Rabu (22/6/2022) sore.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Kaltim, Masrawan yang turut hadir dalam pemberangkatan haji kloter pertama ini mengatakan, awalnya ada dua anggota jemaah yang sempat mengalami sakit, sehingga harus dirawat terlebih dulu, tetapi sudah pulih dan ikut berangkat ke Tanah Suci.

"Ya, ada dua jemaah yang sempat dirawat. Alhamdulillah setelah diperiksa, petugas menyatakan sehat semua dan siap diberangkatkan," ujar Masrawan saat memantau keberangkatan calon jemaah haji di Bandara SAMS Sepinggan.

Ratusan jemaah ini menggunakan pesawat Garuda Indonesia type A330-300, dengan nomor penerbangan GA 4101. Nantinya, pesawat ini akan transit terlebih dulu ke Bandar Udara Kualanamu Medan, sebelum melanjutkan penerbangan ke Jeddah, Arab Saudi.

"Perjalanan ke Jeddah itu 16 jam. Transit dulu ke Medan terus lanjut ke Jeddah. Alhamdulillah sejauh ini semuanya lancar, jemaah juga sehat dan siap untuk ibadah," ucapnya.


Gunakan Jalur Khusus untuk Percepat Proses Naik Pesawat

Jemaah Haji Asal Kaltim
Perbesar
Para calon jemaah haji asal Kaltim. (Liputan6.com/Apriyanto)

Di tempat yang sama, General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Rika Danakusuma mengatakan pemberangkatan jemaah kali ini disiapkan jalur khusus guna memudahkan dan mempercepat proses naiknya jemaah ke atas pesawat.

"Dari asrama sudah clearance, jadi jemaah tidak perlu di-scan lagi di sini. Kemudian jemaah melalui gate perimeter dan kita langsung posisikan busnya di apron. Ini biar jemaah beberapa menit saja langsung masuk di pesawat. Dengan mengedepankan kenyamanan calon jemaah haji tentunya kami juga berfokus pada faktor keamanan,” timpal Rika.

Prosedur tersebut akan diterapkan juga kepada 7 kloter berikutnya. Rika berharap semoga koordinasi yang dibangun antara PT Angkasa Pura I dan stakholder bandara beserta PPIH berjalan dengan baik guna meminimalisir terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Sebagai informasi total calon Jemaah Haji yang akan berangkat melalui Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan sebanyak 2.629 dan Debarkasi Jemaah Haji 1443H/2022 akan dilaksanakan pada 3 Agustus 2022 sampai 12 Agustus 2022.

 

Simak video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya