Sukses

Sandiaga Uno Salut dengan Festival Pesona Aekhula di Nias Barat, Picu Kebangkitan Ekonomi

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno salut dengan acara puncak Festival Pesona Aekhula 2022 di Kabupaten Nias Barat, Kepulauan Nias, Sumatera Utara (Sumut). Kegiatan ini dalam rangka Hari Jadi ke-13 tahun Kabupaten Nias Barat.

Liputan6.com, Nias Barat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno salut dengan acara puncak Festival Pesona Aekhula 2022 di Kabupaten Nias Barat, Kepulauan Nias, Sumatera Utara (Sumut). Kegiatan ini dalam rangka Hari Jadi ke-13 tahun Kabupaten Nias Barat.

Puncak Festival Pesona Aekhula yang dilaksanakan di Lapangan Sepak Bola Tetesua, Kecamatan Sirombu, Nias Barat, ditandai pemukulan 105 gondang dan 8 gong yang melambangkan kebersamaan, serta penampilan tarian.

"Saya ucapkan selamat hari jadi Nias Barat, semoga maju dan rakyatnya sejahtera. Saya apresiasi karena Nias Barat berhasil menggolkan Festival Pesona Aekhula menjadi (masuk event) Kharisma Event Nusantara," kata Sandiaga, Rabu (22/6/2022).

Disebutkan Sandiaga Uno, pihaknya sedang menyusun upaya kebangkitan ekonomi nasional dari sektor pariwisata. Sebab tantangan saat ini begitu banyak, namun dengan kerja sama dan kekompakan pemerintah di semua tingkatan, masalah bisa diatasi.

Menparekraf juga menyebut, untuk pembangunan di Nias Barat pihaknya akan menyampaikan kepada Kementerian Bappenas dan Kemenkeu agar menjadikan kabupaten ini sebagai lokasi prioritas pengembangan.

"Sehingga ke depan Nias Barat bisa membangun lebih berkesinambungan. Saya menitipkan tiga pesan dan arahan, pertama adaptasi, inovasi, dan kolaborasi. Ini terus dilakukan agar Nias Barat bisa menjadi tiga G, Gercep (Gerak Cepat), Geber (Gerak Bersama) dan Gaspol (Garap Semua Potensi Lokal)," sebutnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Punya Potensi Pariwisata Berkualitas

Sandiaga Uno menilai, Nias Barat punya potensi pariwisata yang sangat berkualitas. Dengan konsep desa wisata, kelestarian lingkungan serta pelestarian budaya yang berkelanjutan. Dengan begitu, Festival Pesona Aekhula diharapkan menjadi pemicu kebangkitan ekonomi, peluang usaha, dan lapangan kerja.

"Sehingga masyarakat yang sejahtera," ujarnya.

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, Gubernur membanggakan Kabupaten Nias Barat yang menggelar agenda tahunan daerah dan masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022. Tujuannya mempromosikan destinasi pariwisata, meningkatkan kunjungan wisatawan, dan memberdayakan potensi lokal.

"Serta memberikan dampak positif terhadap ekonomi, sosial, dan budaya. Total ada 100 event dari berbagai daerah di Indonesia yang masuk dalam kalender KEN 2022, dan Nias Barat masuk di dalamnya," sebut Edy.

Gubernur Edy mengapresiasi kehadiran Menparekraf, Sandiaga Uno, yang berkunjung ke Nias Barat, kabupaten terluar di Sumut sebelah barat, sekaligus bersebelahan dengan Samudera Hindia.

"Kegiatan besar seperti Festival Pesona Aekhula ini sudah dua tahun tidak digelar akibat Covid-19 melanda dunia," ucapnya.

3 dari 4 halaman

Infrastruktur Menuju Nias Barat

Diterangkan Gubernur Edy, kondisi infrastruktur menuju Nias Barat memang memprihatinkan. Apalagi dengan potensi luar biasa daerah ini, baik pariwisata, pertanian, perikanan dan perkebunan, harusnya bisa lebih maju dibandingkan beberapa tahun lalu.

"Ada jalan baru yang harus kita buka, lebih kurang 12 kilometer, sehingga ada akses antarkabupaten dan kota di Nias. Pariwisata yang sudah pasti potensinya, akan dikembangkan. Memang perlu Nias Barat ini sama-sama kita bangun," dikatakan Edy.

4 dari 4 halaman

Sambut Baik Rencana Pemerintah

Sebagai tuan rumah pelaksanaan Festival Pesona Aekhula 2022, Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu, menyampaikan rasa terima kasih kepada Menparekraf dan Gubernur Sumut serta Kapolda Sumut yang memberikan perhatian kepada daerahnya.

Khenoki Waruwu mengatakan, atas nama masyarakat, menyambut baik rencana pemerintah pusat dan provinsi mengalokasikan anggaran untuk pembangunan di Nias Barat, yang menurutnya selama 13 tahun sejak berdiri, masih perlu sentuhan, baik soal pengembangan pariwisata serta infrastruktur.

"Kami juga berharap jalur Gunungsitoli-Nias Barat bisa diusulkan menjadi Jalan Nasional. Agar pembangunan di daerah ini bisa meningkat seiring dengan potensi wisata dan alamnya yang sangat luar biasa," Khenoki menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.