Sukses

108 Surya Namaskar dalam Peringatan International Yoga Day di Bali

Seratus delapan set Sun Salutation (Surya Namaskar) memuncaki perayaan International Yoga Day ke-8 yang dirayakan pada akhir pekan lalu, 19 Juni 2022.

Liputan6.com, Denpasar - Seratus delapan set Sun Salutation (Surya Namaskar) memuncaki perayaan International Yoga Day ke-8 yang dirayakan pada akhir pekan lalu, 19 Juni 2022. Inta Yoga Bali menginisiasi selebrasi peringatan Hari Yoga Sedunia yang tepatnya jatuh pada tanggal 21 Juni di setiap tahunnya. Perayaan mengambil tempat di Golden Lounge, Klapa New Kuta Beach, Pecatu, Bali.

Suasana kolam renang dengan panorama laut lepas menghadirkan daya tarik tersendiri bagi peserta. Bagi yang mengajak anak-anak, bisa ikut program anak yang sudah disediakan, sedangkan para orang tua bisa ikut olah tubuh lewat ragam yoga dan zumba. Antusiasme para pengunjung terlihat dari semaraknya tiap sesi. Dimulai dengan Inside Flow, Acro Yoga, Soundbath, diselingi dengan zumba untuk menambah fun suasana dan ditutup oleh 108 x Sun Salutation (Surya Namaskar).

Panitia juga menyiapkan kegiatan untuk anak-anak seperti Kids Yoga, Kids Dance, Tea Party, Pool Access, pun disediakan akses kolam renang.

"Senang dan bangga bisa menjadi bagian sekaligus pengisi acara selebarasi peringatan International Yoga Day tahun ini. Jadi momen baik untuk saling berbagi energi posiitif,” ujar Jane Natalia, Junior Teacher Inside Flow di Bali pada Liputan6.com.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Classic Hatha 108 Sun Salutation (Surya Namaskar)

Melibatkan 18 Warrior yang merupakan guru-guru yoga terbaik dari Bali untuk memimpin 12 pose Surya Namaskar secara bergantian. Surya Namaskar berasal dari kata Surya yang berarti matahari, dan Namaskar berarti memberi salam (sama dengan Namaste). Jadi, bisa diartikan Surya Namaskar sebagai bentuk memberi salam atau penghormatan pada matahari.

Dengan memaknai arti dan pengertian tersebut maka Surya Namaskar adalah gerakan yoga yang baik dilakukan setiap pagi hari untuk menaikkan dan meningkatkan energi kita dalam beraktivitas selama seharian. Pada gerakan-gerakan tersebut ada penguatan pada area bahu, lengan, jantung, perut, paha, lutut, dan kaki. Gerakan ini dapat dilakukan beberapa kali sesuai batas kemampuan.

"Saya senang sekali bisa menjadi bagian dari event ini sebagai Warrrior (The Teacher Team leads 108 SS-Sun Salutation), seperti tahun sebelumnya. Semoga berkelanjutan bisa berkesempatan di event berikutnya jika masih diberi kesempatan oleh semesta," ucap Emmy Hartati, Guru Yoga di Bali pada peliput.

Acara seperti ini pun merupakan ajang kumpul bagi para yogini dan guru-guru yoga yang ada di Bali khususnya.

"Senang dan bangga bisa ikut lead Surya Namaskar apalagi ini kali pertama buat saya. Apresiasi juga untuk niat baik Intayoga sebagai penyelenggara event ini, semoga bisa terus berlanjut di setiap tahunnya," ujar Adnya Maharani, Guru Yoga di Bali. "Saya yang masih terbilang baru dalam hal mengajar, senang bisa saling kenal dengan para guru yoga senior," sambungnya.

"Rasanya bangga, senang banget bisa bertemu dengan teman-teman guru dan praticioner yang hadir," ucap Puspa Anom, Guru Yoga dan Meditasi di Bali. "Saya begitu menikmati momen Soundbath karena kebetulan sedang butuh deep sleep jadi ini dapet banget feel-nya dan membuat refresh tubuh dan pikiran," Puspa memungkasi.

 

3 dari 3 halaman

Pose Yoga Juga Proses Mengenali Diri

Saat berlangsungnya 108 set Surya Namaskar beberapa yogini tampak mengambil jeda sesaat di 5-10 putaran pertama lalu lanjut kembali. Meski diantaranya tak sedikit pula yang masih terus melanjutkan gerakannya sampai belasan hingga puluhan hitungan. Tak usah tergoda dengan proses yang dijalani orang lain, lebih baik berfokus pada gerakan dan tentunya melihat kemampuan diri sendiri. Namaste.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini