Bakal Dimulai Agustus 2022, Begini Persiapan Pembangunan IKN di Penajam Paser Utara

Oleh Apriyanto pada 22 Jun 2022, 08:00 WIB
Diperbarui 22 Jun 2022, 08:00 WIB
IKN
Perbesar
Lokasi titik nol yang masih menjadi primadona pengunjung untuk berswafoto. (Liputan6.com)

Liputan6.com, Penajam Paser Utara - Proses pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) diprediksi akan dimulai pada Agustus 2022 mendatang. Hal ini dilihat dari persiapan anggaran yang telah dilakukan. Bahkan, sejumlah kegiatan pembangunan sudah mulai masuk dalam tender.

Saat dikonfirmasi, Plt Bupati Penajam Paser Utara Hamdan Pongrewa mengatakan kemungkinan pembangunan akan dimulai pada awal bulan Agustus.

"Kemungkinan awal Agustus ini sudah mulai berjalan pembangunan, walaupun semuanya sudah ada kegiatan persiapan di lapangan," terang Hamdan kepada awak media, saat ditemui di titik nol IKN Nusantara, Sabtu (18/6/2022).

Sejauh ini, persiapan di lapangan yang sudah berjalan yaitu pengerjaan jalur logistik. Di mana jalur ini menjadi penentu awal berjalannya pembangunan IKN. "Untuk jalur logistiknya ini sudah siap dari beberapa bulan yang lalu," sebutnya.

 

 

 

 


Pelabuhan Balikpapan Turut Dipersiapkan

Terlebih dulu dilakukannya pengerjaan jalur logistik ini lantaran sebagian besar logistik untuk pembangunan IKN berasal dari luar daerah. Hal ini dikarenakan daerah sekitar IKN tidak mempunyai banyak bahan-bahan baku untuk pembangunan.

"Hampir 95 persen logistik berasal dari luar daerah. kita tidak punya cukup banyak bahan-bahan baku di sini, kecuali material alam seperti batu dan pasir, tapi itu kan komponen yang tidak banyak," papar Hamdan.

Hamdan menambahkan, saat ini selain jalur darat yang telah siap untuk mempermudah pengangkutan logistik, sejumlah pelabuhan khusus juga dipersiapkan untuk menerima logistik saat dikirim, termasuk pelabuhan yang ada di Kota Balikpapan.

"Ya, kombinasi (darat dan laut) pasti dimanfaatkan, ada beberapa pelabuhan khusus, intinya seluruh pelabuhan khusus akan dimanfaatkan untuk menerima logistik," dia menandaskan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya