Sukses

Penumpang Wings Air di Bandara Balikpapan Meninggal Saat Masuk Kabin

Seorang penumpang pesawat Wings Air meninggal mendadak sesaat akan masuk ke dalam kabin pesawat di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan.

Liputan6.com, Balikpapan - Seorang penumpang pesawat Wings Air dengan kode penerbangan IW-1362 tujuan Bandar Udara Kalimarau, Berau, meninggal dunia saat memasuki kabin pesawat di Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan pada Minggu (19/6/2022).

Diketahui, penumpang wanita tersebut berinisial IK (53) yang berdomisili di Tanjung Redeb, Berau. Awalnya, petugas di bandar udara tidak mendapatkan laporan terkait penumpang yang membutuhkan bantuan medis. Tiba-tiba saja IK terjatuh dan tidak sadarkan diri saat antre masuk ke dalam pesawat.

"Ketika penumpang mulai memasuki kabin pesawat udara (boarding), tiba-tiba ada salah satu penumpang wanita dalam kondisi segera membutuhkan bantuan medis. Saat itu posisi pesawat masih di area landas parkir atau apron di samping pesawat," ungkap Corporate Communications Strategic of Wings Air, Danang Mandala Prihantoro, dalam siaran persnya, Minggu (19/6/2022) malam.

Petugas Wings Air pun telah menjalankan sesuai standar operasional prosedur pertolongan medis. Dua awak kabin yang bertugas dan petugas darat (ground staff) segera memberikan pertolongan pertama (first aid) menggunakan peralatan kesehatan (medical kits) di pesawat.

"Menurut prosedur kerja penanganan penumpang, awak kabin segera menjalankan melalui tindakan Cardiopulmonary Resuscitation (CPR) atau dikenal resusitasi jantung paru. Hal ini sebagai upaya pertolongan medis untuk mengembalikan kemampuan bernapas dan sirkulasi darah dalam tubuh," paparnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Korban Dilarikan ke Rumah Sakit

Selain itu, awak kabin juga memberikan POB (tabung oksigen portabel) dengan tindakan melonggarkan pakaian yang mengikat, membersihkan wajah penumpang, menyandarkan kursi serta memasangkan masker oksigen.

"Ground staff menghubungi tenaga medis di bandar udara. Setelah dilakukan pemeriksaan oleh tenaga medis tersebut, rekomendasi diarahkan untuk segera dibawa ke rumah sakit terdekat guna pemeriksaan medis lebih lanjut," terang Danang.

Namun, saat tim medis berupaya melarikan korban ke rumah sakit, nyawanya pun melayang di dalam perjalanan.

"Wings Air menerima konfirmasi dari tim medis, bahwa penumpang dimaksud dinyatakan meninggal dunia ketika perjalanan menuju rumah sakit. Wings Air menyampaikan rasa duka cita mendalam kepada pihak keluarga," katanya.

Sebagai ucapan duka cita, pihak Wings Air membantu proses pengurusan jenazah almarhumah hingga diserahkan kepada pihak keluarga.

 

Simak video pilihan berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.