Sandiaga Uno hingga Chairul Tanjung Sampaikan Belasungkawa untuk Eril di Bandung

Oleh Huyogo Simbolon pada 20 Jun 2022, 01:00 WIB
Diperbarui 20 Jun 2022, 01:00 WIB
Sandiaga Uno
Perbesar
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno bertakziah ke Rumah Dinas Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Minggu (19/6/2022). (Foto: Biro Adpim Jabar)

Liputan6.com, Bandung - Memasuki hari terakhir kegiatan takziah ke Rumah Dinas Gubernur Jawa Barat di Gedung Pakuan, sejumlah tokoh masih menyampaikan belasungkawa kepada Gubernur Jabar Ridwan Kamil atas berpulangnya sang putra sulung, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, Menko Perekonomian RI periode Mei-Oktober 2014 Chairul Tanjung beserta istri dan anaknya, Anita Tanjung, dan Putri Indahsari Tanjung, Sekretaris Kabinet (Seskab) RI periode 2010-2014, Dipo Alam dan Gubernur DKI Jakarta periode 1997-2007, Sutiyoso.

Dalam takziahnya, Sandiaga Uno mengatakan bahwa kepergian almarhum Eril adalah sebuah bentuk pelajaran tentang kesolehan seorang anak kepada orang tuanya dan menjadi inspirasi bagi anak-anak muda Indonesia.

"Ananda Eril ini mengajarkan suatu cerita yang luar biasa tentang kesalehan seorang anak, yang baru terungkap cerita setelah ananda Eril telah tiada, tadi diceritakan oleh pak gubernur, bagaimana amalan-amalan ananda Eril sebagai anak muda yang menjadi suatu inspirasi bagi kita semua," ujar Sandiaga.

Sandiaga juga menuturkan mengenai amalan-amalan besar yang selama hidup Eril lakukan. Menurutnya ada tiga kebaikan.

 

Pertama, Eril adalah anak ahli meminta maaf kepada semua orang, bahkan kepada orang yang tidak dikenal. Kedua, ahli sedekah yang tidak selalu memandang latar belakang seseorang. Terakhir, almarhum selalu mengajak orang-orang khususnya anak muda untuk menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain.

"Mungkin jutaan mata yang mengikuti prosesi dari hilangnya ananda Eril sampai pada penguburan. Ini betul-betul bukan hanya di Indonesia tapi di seluruh dunia mengikuti proses ini dan memberikan begitu banyak pelajaran bagi kita semua, tentang kecintaan, tentang bagaimana kita bersyukur selalu memohon maaf dan bersedekah," kata Sandi.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 


Berikan Kado Ulang Tahun

Chairul Tanjung
Perbesar
Menko Perekonomian RI periode Mei-Oktober 2014 Chairul Tanjung beserta istri bertakziah ke Rumah Dinas Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Minggu (19/6/2022). (Foto: Biro Adpim Jabar)

Sementara itu, Chairul Tanjung menyampaikan belasungkawa yang mendalam juga meyakini kini Emil dan Atalia sudah sangat mengikhlaskan dan banyak mendapatkan hikmah atas meninggalnya almarhum Eril.

"Alhamdulillah saya beserta istri ditemani putri juga kebetulan ada pak Sutiyoso dan ibu serta pak Dipo Alam kami bertakziah untuk menyampaikan duka cita dari keluarga kami secara mendalam," katanya. 

"Alhamdulillah keliatan pak Gubernur beserta ibu kelihatan sudah sangat mengikhlaskan dan beliau keliatannya juga menerima cobaan ini dengan lapang dan banyak mendapatkan hikmah dari kehilangan putra beliau," ujar Chairul menambahkan.

Dalam kesempatan yang sama Ridwan Kamil juga memberikan kado ulang tahun untuk CT, sebuah lukisan dengan gambar orang yang sedang bertawaf di Ka'bah. Diketahui CT sendiri berulang tahun pada Kamis (16/6/2022) lalu. 

"Kebetulan kemarin juga saya ulang tahun jadi Pak Gubernur memberikan kado, sebuah lukisan yang menggambarkan orang yang sedang bertawaf di keliling Ka'bah, Tentu kami mengucapkan terimakasih dan menyampaikan kebahagiaan kami bisa menerima kado dari beliau," katanya.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya