Sukses

Jelang Derbi Jateng Persis vs PSIS, Gubernur Ganjar Ajak Suporter Lakukan Ini

Jelang derby Jateng dalam ajang Piala Presiden 2022 antara Persis Solo kontra PSIS Semarang pada Hari Selasa Tanggal 21 Juni 2022 mendatang. Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo meminta jangan sampai terjadi kejadian seperti di Bandung. Ia mengajak semua elemen suporter saling berangkulan.

Liputan6.com, Solo - Laga lanjutan kompetisi pramusim Piala Presiden 2022 antara Persis Solo kontra PSIS Semarang akan digelar pada Hari Selasa, tanggal (21/6/2022). Seperti diketahui laga tersebut akan menjadi laga derbi Jawa Tengah (Jateng).

Jateng saat ini memiliki dua klub yang berkompetisi di kasta tertinggi sepak bola Indonesia. 

Momentum pramusim ini tak disia-siakan kedua klub asal Jateng untuk menjajal permainan jelang liga sekaligus mengintip hasil rekrutan anyar mereka. Namun, jelang laga derbi Jateng tersebut gimik-gimik psywar kedua suporter telah dilakukan melalui media sosial.

Untuk menghindari gesekan yang kemungkinan terjadi saat laga yang diprediksi akan panas tersebut, banyak pihak kemudian melakukan kampanye agar suporter saling berangkulan.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo dalam kesempatan Car Free day (CFD) di Jalan Slamet Riyadi bertemu dengan elemen suporter dari Persis Solo yakni Pasoepati, meminta para suporter mendukung klub yang disukainya tanpa ada insiden kekerasan.

"Jangan seperti di Bandung ya," kata Gubernur Ganjar saat berbincang dengan Presiden Pasoepati, Maryadi Gondrong di lokasi CFD, Minggu (19/6/2022).

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Insiden Dua Suporter di Bandung

Seperti diketahui, dalam insiden laga Persib Bandung vs Persebaya pada tanggal 17 Juni 2022, dua penonton kehilangan nyawa lantaran berdesak-desakan ketika hendak masuk ke dalam stadion.

Presiden Pasoepati, Maryadi Gondrong juga berharap hal itu tidak terjadi, sehingga dirinya memilih melakukan kampanye #penakseduluran jelang derbi Jateng tersebut.

"Mumpung Pak Gubernur Ganjar Pranowo di Solo, semoga suasana stadion besok jadi adem," katanya.

Gubernur Ganjar datang ke Solo ketika menghadiri acara CFD sontak menjadi perhatian warga yang kemudian meminta swafoto dan menyapa orang nomor satu di Jawa Tengah itu.

Nampak, Gubernur Ganjar dengan sabar meladeni permintaan warga yang meminta foto. Setelah itu, dirinya memasuki rumah Loji Gondrong atau rumah dinas Wali Kota Solo untuk bertemu Gibran Rakabuming Raka.

Sementara itu, Gubernur Ganjar bersama puluhan suporter kemudian membentangkan spanduk berlatar merah dengan tulisan "Derby Jawa Tengah: Solo-Semarang Tetep #Penakaseduluran".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.