Sukses

Menteri Sandi Petakan Jalur Travel Wisata Andal Baru di Jabar Selatan

Kami melihat potensi mulai dari Pangandaran, Tasik, Garut sebagai salah satu travel plan baru jalur pariwisata nasional yang sangat potensial untuk dikembangkan.

Liputan6.com, Garut - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia (RI), Sandiaga Uno, memetakan jalur travel wisata baru yang eksotik di wilayah Jawa Barat bagian selatan, terutama Garut.

“Kami melihat potensi mulai dari Pangandaran, Tasik, Garut sebagai salah satu travel plan baru jalur pariwisata yang sangat berpotensi,” ujarnya di sela-sela Workshop Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif yang dilaksanakan di Gedung Art Center, Garut, Sabtu (18/6/2022) malam.

Menurutnya, letak Garut hingga Pangandaran yang berada di pesisir pantai Jawa bagian selatan, memiliki potensi wisata alam terutama wisata pantai yang bisa dioptimalkan pemerintah pusat, termasuk daerah sebagai tujuan utama wisata nasional ke depan.

“Tadi kalau kita lihat seni pertunjukan ini menjadi daya tarik utama,” ujar dia, saat mengomentari salah satu pertunjukan lokal jibrut.

Khusus Garut ujar calon Wakil Presiden Pendamping Prabowo Subianto itu menyatakan, memiliki potensi destinasi wisata yang luar biasa, dan berkelas dunia untuk dikembangkan.

“Garut juga memiliki budaya serta produk ekonomi kreatif yang juara dunia, salah satunya yakni kopi,” ujar dia.

Dengan segudang keunggulan dan ciri khas daerahnya, kabupetan Garut memiliki potensi besar menjadi tujuan utama wisata nasional ke depan.

”Sekarang seni pertunjukan yang kita kembangkan, harapannya tentunya akan membuka peluang usaha dan lapangan kerja yang banyak,” ujar dia.

Sandi menilai, peningkatan sektor wisata diharapkan mampu mendongkrak ekonomi masyarakat secara optimal, terutama di tengah ancaman perlambatan ekonomi akibat pandemi Covid-19.  

“Mudah-mudahan mampu meningkatkan penghasilan masyarakat,” ujar dia.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukungan Pemerintah

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman menyatakan, kedatangan Sandiaga Uno, mampu mengkokohkan peran Garut sebagai kota atau kabupaten wisata unggulan di Indonesia.

“Tentu bukan pariwisata yang biasa tapi luar biasa, karena Pak Menteri memberikan arahan harus yang berkualitas,” ujarnya.

Untuk mendukung rencana besar itu, lembaganya terus melakukan perbaikan terutama kualitas pelayanan wisata, daya dukung infrastruktur wisata dari pemerintah, termasuk dukungan masyarakat di sekitar.

“Arahan ini akan kami bawa sehingga bisa diterapkan di Kabupaten Garut, terima kasih Pak Menteri,” kata dia.

Dalam acara Workshop KaTa Kreatif ini, Menteri Sandi beserta tamu undangan nampak menikmati pertunjukan seni Jibrut, sebuah sajian kesenian rakyat yang berasal dari suara telapak tangan ketika dihimpitkan pada ketiak atau cecekolan (bagian lutut atau sikut bila dilipat).

“Mudah-mudahan bisa diwujudkan oleh Pak Wakil (Bupati Garut), dan tahun depan bisa menjadi salah satu kalender even yang cukup menarik untuk bisa kita kunjungi,” ujar Sandiaga Uno mengomentari seni jibrut.

KaTa Kreatif, merupakan salah satu program unggulan Kemenparekraf RI untuk menggali, mengelola, dan menumbuhkembangkan kreativitas, dan potensi lokal kabupaten atau kota di Indonesia menjadi potensi wisata yang unggul di Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.