Sukses

Ekspor CPO Belum Mulai, Harga TBS Sawit di Aceh Cenderung Turun

Harga TBS sawit sekarang cenderung turun. Harga di kisaran Rp1.700 per kilogram. Padahal, pemerintah sudah mencabut larangan ekspor minyak mentah sawit atau CPO

Liputan6.com, Aceh - Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Kabupaten Aceh Utara menyatakan harga tandan buah segar (TBS) sawit di kabupaten itu di tingkat pengepul Rp1.700 per kilogram.

Ketua Apkasindo Kabupaten Aceh Utara Kastabuna di Lhokseumawe, Jumat, mengatakan sedangkan harga TBS sawit di tingkat pabrik mencapai Rp2.000 per kilogram.

"Harga TBS sawit sekarang cenderung turun. Harga di kisaran Rp1.700 per kilogram. Padahal, pemerintah sudah mencabut larangan ekspor minyak mentah sawit atau CPO," kata Kastabuna.

Kastabuna mengatakan meskipun keputusan larangan ekspor CPO telah dicabut, namun harga TBS petani justru sama dengan saat kebijakan pelarangan ekspor CPO diberlakukan pemerintah beberapa waktu lalu.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ancaman Tangki CPO Pabrik Penuh

Oleh karena itu, ia meminta pemerintah segera mempercepat proses ekspor minyak mentah sawit atau CPO guna meningkatkan harga tandan buah segar (TBS) sawit.

Saat ini, kata Kastabuna, pemerintah sudah mengeluarkan izin ekspor CPO mencapai 320 ribu ton. Akan tetapi proses ekspor tersebut hingga kini belum jalan.

Kondisi tersebut menyebabkan tangki di beberapa pabrik kepala sawit sudah sudah mulai penuh akibat ekspor belum berjalan, sehingga ada yang terpaksa menolak membeli TBS petani, katanya.

"Hal tersebut juga mengakibatkan harga TBS sawit masih rendah. Kami yakin jika ekspor berjalan, maka harga TBS sawit di tingkat petani kembali meningkat," kata Kastabuna menyebutkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini