Sukses

Keren Pisan, 21 Taman di Kota Bandung Kini Dilengkapi Akses Internet Gratis

Ada 21 taman di Kota Bandung yang kini dilengkapi dengan akses internet gratis, menjadi upaya untuk membangun kota pintar atau smart city.

Liputan6.com, Bandung - Pemerintah Kota Bandung (Pemkot Bandung) kembali menyediakan akses internet gratis di sejumlah taman kota. Setidaknya sudah ada 21 taman di Kota Bandung yang terpasang alat akses internet gratis untuk warga.

Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan akses internet gratis hasil kerjasama dengan pihak swasta, menggunakan sistem Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai salah satu upaya untuk membentuk smart city. Selain itu, ruang akses internet cuma-cuma itu juga diharapkan dapat memantik ide kreatif sehingga akselerasi pemulihan ekonomi dapat dicapai.

"Fase pandemi ke endemi salah satunya kita mempercepat proses pemulihan ekonomi, sosial, dan budaya. Mudah-mudahan ruang publik ini bisa jadi ruang bagi masyarakat, muncul ide kreatif untuk mempercepat pemulihan ekonomi. Ini juga salah satu indikator untuk kita menjadi smart city yang sebenarnya," kata Yana di Taman Cikapayang Dago, Jalan Ir. Djuanda Kota Bandung, Jumat (17/6/2022).

Yana menargetkan sebanyak 50 taman yang akan dipasang akses internet gratis. Target itu diharapkan rampung sebelum akhir tahun 2022. Akses baru ini dinilai sebagai pelengkap untuk akses internet yang sebelumnya telah terpasang di sejumlah taman.

Yana meminta Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) untuk melakukan pengawasan dan perawatan secara ketat. Yana tidak mau stabilitas jaringan menjadi masalah bagi masyarakat untuk mengakses internet.

"Kali ini sudah ada 21 titik yang sudah dibantu, mudah-mudahan ini bisa terus ditambah titik wifi gratisnya, mudah-mudahan tidak ada blank spot, siapapun boleh mengakses, ini kecepatannya 50 Mbps sekarang masih bagus, nanti kita cek, kalau lemot ada masalah Kepala Diskominfo yang pertama saya marahin," tegasnya.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aplikasi Molecool

Untuk mengakses internet ini, warga diharuskan mengunduh aplikasi molecool dan membuat akun di aplikasi tersebut.

Yana mengungkapkan, hanya dibutuhkan satu kali pembuatan akun untuk dapat mengakses internet diberbagai taman yang menyediakan internet gratis.

"Download, masuk aplikasi, bikin akun, bikin password, satu kali untuk semua, jadi ketika ke taman lain langsung otomatis bisa mengakses internet," pungkasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.