Sukses

Kloter Pertama 157 Calon Jemaah Haji Batam Berangkat Hari Ini Rabu 15 Juni 2022

Kloter pertama calon jemaah haji asal Kota Batam diberangkatkan hari ini, Rabu (15/6/2022). Jumlahnya sebanyak 157 orang dari total 704 calon jemaah haji dari Provinsi Kepri.

Liputan6.com, Batam - Kloter pertama calon jemaah haji asal Kota Batam diberangkatkan hari ini, Rabu (15/6/2022). Jumlahnya sebanyak 157 orang dari total 704 calon jemaah haji dari Provinsi Kepri.

Lebih dari 5.000 calon jemaah haji dari 4 provinsi (Provinsi Kalimantan Barat, Jambi, Riau, dan Provinsi Kepri) yang tergabung dalam Embarkasi Batam akan diberangkatkan melaui Bandara Internasional Batam. Keempat provinsi tersebut dibagi menjadi 12 kloter, untuk Batam atau Kepri sendiri terbagi menjadi 2 kloter

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam Zulkarnain mengatakan, calon jemaah haji Kota Batam totalnya ada 288 yang berangkat pada musim haji tahun ini.

"Di kloter satu 157 yang tergabung, kloter 4 sebanyak 101 orang," kata Zulkarnain, Selasa (14/6/2022).

Zulkarnain menjelaskan, jumlah yang berangkat pada kloter pertama besok dari seluruh kabupaten/kota di Kepri sebanyak 450 jemaah , kemudian 131 jemaah haji Kepri akan tergabung pada kloter 4.

"Untuk Batam atau Kepri hanya dua kloter saja, yang besar jumlah jemaahnya itu dari daerah Kampar Riau," jelas Zulkarnain.

Zulkarnain menambahkan, untuk segi kesehatan, sesuai prosedur pemeriksaan kesehatan jemaah, para jemaah haji Kepri sudah 100 persen dinyatakan sehat.

"Karena sekarang sudah ada batasan usia jemaah, yakni usia maksimal 65 tahun, alhamdulillah tahun ada yang usia muda yakni 20 tahun itu ada, perempuan," kata Zulkarnain.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jaga Kesehatan

Sementara itu, Wali Kota Batam H Muhammad Rudi mengatakan, dirinya merasa sangat bersyukur tahun ini jemaah haji sudah bisa kembali berangkat ke tanah suci Mekkah, setelah tertunda dua tahun akibat pandemi Covid-19.

"Kita sangat bersyukur, saudara kita sudah bisa kembali melakukan ibadah haji, semoga para jemaah selalu diberikan kesehatan dan kembali menjadi Haji yang Mabrur dan Mabrurah," ucapnya.

Rudi meminta, calon jemaah haji yang berangkat, untuk terus menjaga kesehatan, mulai dari perjalanan, pada saat berada di Mekkah dan Madinah, hingga kembali lagi ke Tanah Air.

"Kita minta kepada Kepala rombongan, agar betul-betul memperhatikan para jemaah, karena perjalanan ini merupakan sesuatu yang baru bagi jemaah, terus melakukan komunikasi, Pemko Batam siap membantu, sebisa mungkin sesuai dengan kewenangan Pemko Batam," tutup Rudi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.