Rahasia Perusahaan Kuliner Milik Gibran Rakabuming Raka Bertahan di Tengah Pandemi

Oleh Fajar Abrori pada 15 Jun 2022, 04:00 WIB
Diperbarui 15 Jun 2022, 04:00 WIB
Gibran Rakabuming Raka
Perbesar
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Liputan6.com, Solo - Putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka mengaku senang dengan perkembangan Mangkokku, startup yang dirintisnya bersama dengan Chef Arnold. Saat startup yang lain berjatuhan, Gibran mengaku mendapatkan banyak investor yang membuat perusahaan rintisannya eksis meskipun di tengah pandemi. 

Perusahaan rintisan (startup) kuliner Mangkokku mengumumkan baru saja mendapatkan suntikan dana sebesar 7 juta dolar Amerika atau senilai Rp101 miliar. Mangkokku pun siap tembus pasar dunia.

"Di tengah pandemi hampir semua startup itu bangkrut. Beda dengan Mangkokku memang saat pandemi penjualannya naik. Banyak investor yang tertarik. Bagaimana to bisa tambah ramai. Lalu kami dapatnya Emtek [PT Elang Mahkota Teknologi Tbk]" kata dia, Senin (13/6/2022).

Investasi yang diperoleh itu untuk mengembangkan outlet sampai 100 di dalam negeri. Penambahan outlet dikejar pada tahun ini.


Cloud Kitchen

Saat pandemi, Mangkokku pun harus melakukan perubahan strategi. Selain mengembangkan usaha online, Mangkokku juga menerapkan cloud kitchen

"Dulu konsepnya di dalam mal lalu kena Covid terus kami mengubah konsep. Kami termasuk pertama mengembangkan cloud kitchen," paparnya.

Cloud kitchen ini sangat membantu pertumbuhan Mangkokku. Gibran menyebut, sebenarnya mulai mengembangkan cloud kitchen sebelum pandemi. Waktu itu, mayoritas perusahaan masih bingung atau belum ada bayangan mengenai cloud kitchen.

 

Simak video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya