Sukses

Pesan Gubernur Edy Rahmayadi Kepada Calhaj Asal Sumut: Fokus Ibadah

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melepas keberangkatan Calon Jemaah Haji (Calhaj) Kelompok Terbang (Kloter) Pertama Embarkasi Medan pada Sabtu, 11 Juni 2022. Calhaj Kloter pertama ini terbang ke Tanah Suci melalui Bandara Kualanamu.

Liputan6.com, Medan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melepas keberangkatan Calon Jemaah Haji (Calhaj) Kelompok Terbang (Kloter) Pertama Embarkasi Medan pada Sabtu, 11 Juni 2022. Calhaj Kloter pertama ini terbang ke Tanah Suci melalui Bandara Kualanamu.

Sumut mendapat kuota haji tahun sebanyak 3.777 orang, ditambah 25 petugas haji, sehingga total 3.802 orang yang dibagi menjadi 10 kloter. Kloter pertama berasal Kabupaten Mandailing Natal, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kota Medan, dan Kabupaten Serdang Bedagai dengan jumlah 391 orang, termasuk petugas.

"Pastikan bapak ibu di sana ibadah," kata Edy Rahmayadi di Gedung Madinatul Hujjaj Asrama Haji Medan, Jalan Jendral Besar AH Nasution, Kota Medan.

Edy Rahmayadi juga mengingatkan bahwa ibadah haji merupakan ibadah fisik, kesehatan salah satu kunci kelancaran di Tanah Suci. Oleh sebab itu dia meminta agar calon jemaah haji menjaga kesehatan.

"Di sana lagi musim panas, ikuti arahan dari pendamping dan dokter, jangan disibukkan kegiatan-kegiatan yang tidak penting," pesannya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Doakan Calhaj Sehat

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Marwan Dasopang, mendoakan agar para jemaah calon haji kembali ke Sumut dalam keadaan sehat.

"Tunaikan ibadah dengan sempurna di sana, dan kembali ke Sumut dengan sehat walafiat," ujarnya.

Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Medan, Abdul Amri Siregar mengatakan, ke-10 Kloter akan diberangkatkan dalam 2 gelombang. Gelombang pertama dari Kloter pertama hingga Kloter 7 dan kemudian disusul gelombang kedua.

"Kloter pertama berangkat hari ini, disusul Kloter kedua dan selanjutnya hingga Kloter tujuh di tanggal 21 Juni," kata Amir.

3 dari 3 halaman

Pengamanan Jamaah Haji

Polda Sumut menurunkan personel dalam memberikan pelayanan pengamanan kepada calon jemaah haji asal Sumut yang akan melaksanakan Ibadah Haji 2022. Sebanyak 659 personel dilibatkan dan diturunkan dalam Satuan Tugas Polda Sumut.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi mengatakan, personel yang diturunkan ditempatkan pada Posko Pengamanan Asrama Haji Medan dan Bandara Kualanamu hingga ke pengawalan pada saat pemberangkatan maupun kembali ke Tanah Air.

"Nantinya personel akan mengamankan di Asrama Haji, mengawal keberangkan jemaah haji dari embarkasi Medan menuju Kualanamu," katanya, Jumat, 10 Juni 2022.

Hadi berharap, dengan kehadiran personel dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada para calon jemaah haji Sumut yang melaksanakan ibadah haji tanpa gangguan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.