Sukses

2.000 Putra Putri Papua Bakal Direkrut TNI AD dalam Program Catam Otsus

Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Gabriel Lema di Manokwari, Sabtu, mengatakan sudah mendapatkan restu dari Kepala Staf TNI AD dan Panglima TNI untuk melakukan perekrutan ribuan Catam Otsus tersebut

Liputan6.com, Manokwari - Komando Daerah Militer XVIII/Kasuari mendapatkan alokasi untuk merekrut 2.000 anggota baru melalui jalur Calon Tamtama (Catam) Otonomi Khusus (Otsus) yang dikhususkan bagi putra-putri asli Papua.

Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Gabriel Lema di Manokwari, Sabtu, mengatakan sudah mendapatkan restu dari Kepala Staf TNI AD dan Panglima TNI untuk melakukan perekrutan ribuan Catam Otsus tersebut.

"Nanti akan diatur per kabupaten untuk mengisi itu. Rencana tahap pertama ada 500 orang," ujar Mayjen Gabriel.

Dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Teluk Wondama baru-baru ini, Pangdam Kasuari menyatakan kabupaten yang dipimpin oleh Bupati Hendrik Mambor itu akan mendapatkan kuota tersendiri dalam perekrutan anggota TNI AD.

Sebelumnya, Teluk Wondama hanya mendapatkan kuota titipan pada kabupaten lain seperti Manokwari dan Manokwari Selatan.

"Ke depan mungkin tidak ada lagi penitipan kuota ke kabupaten lain, tapi akan ada kuota sendiri untuk Wondama. Saya akan mengutamakan terlebih dahulu Teluk Wondama," ujarnya pada acara ramah tamah dengan jajaran Pemkab Teluk Wondama bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Teluk Wondama di Manggurai, Wasior.

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

TNI dan Polri

Masih menurut Pangdam Kasuari, kuota khusus diberikan kepada putra-putri Papua, termasuk di Teluk Wondama untuk direkrut menjadi anggota TNI dan Polri melalui jalur Catam Otsus dan Bintara Otsus.

Bupati Teluk Wondama Hendrik Mambor berharap dengan diresmikannya Kodim Teluk Wondama dalam waktu dekat ini, maka akan membuka peluang bagi generasi muda di wilayah itu untuk menjadi prajurit TNI.

"Dengan adanya Kodim anak-anak kami bisa dibina sebelum mengikuti tes. Kami harap ada banyak anak muda Wondama bisa diterima menjadi anggota TNI," ucap Mambor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.