Sukses

Slogan 'Penak Seduluran' Menggema Jelang Pembukaan Piala Presiden 2022

Slogan 'penak seduluran' menggema di jagat maya dan dunia persepakbolaan khususnya Jawa Tengah. Apa itu?

Liputan6.com, Solo - Turnamen sepak bola Piala Presiden 2022 akan mulai digelar di Stadion Manahan Solo, Sabtu (11/6/2022) dengan dihadiri penonton, jumlah penonton 75 persen dari kapasitas Stadion Manahan. Stadion Manahan menjadi salah satu tuan rumah ajang Piala Presiden, di mana Persis Solo, PSIS Semarang, PSS Sleman, Dewa United dan Persita Tangerang tergabung di grup A.

Ajang kompetisi pramusim itu menjadi reuni bagi suporter Persis Solo, PSIS dan PSS Sleman, di mana ketiganya pernah sama-sama berjuang promosi menuju liga 1 dan suporter mereka pernah menjadi rival. Namun, berjalannya waktu membuat ketiga suporter dari ketiga tim itu telah terjalin persahabatan dan tidak pernah ada rivalitas seperti beberapa tahun lalu terjadi. 

beberapa hari menjelang pembukaan turnamen Piala Presiden pendukung Persis, Pasoepati, suporter dari PSS Sleman, Sleman Brigata Curva Sud (BCS), Slemania dan Panser Biru suporter klub PSIS Semarang. 

Presiden Pasoepati, Maryadi Gondrong mengatakan pihaknya menerima kedatangan para suporter dari tim-tim tamu dalam rangka bersilaturahmi dan meminta izin mendukung tim mereka main di Solo.

"Mereka kulo nuwun untuk datang ke Solo. Kita welcome dengan semua suporter, tapi intinya kita welcome, kedatangan mereka kesini dalam rangka mau mendukung tim mereka bertanding di Solo," tutur dia.

Menurutnya, pihaknya sangat menerima kedatangan suporter tamu dan mempersilahkan saling beradu kreatifitas sesama suporter tanpa adanya pergeesekan atau rivalitas yang malah akan merusak suasana pesepak bolaan di Jateng. 

"Pasoepati harus menunjukan siap menjadi tuan rumah yang ramah, tidak menunjukkan hal-hal negatif terhadap suporter tim lawan,. Penak seduluran (enak saudaraan)," ujarnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

BCS Tak Datang Dukung PSS Sleman di Laga Perdana

 

Sementara itu Ketua Umum Slemania Rengga Dian menuturkan, pihaknya berterima kasih atas sambutan dari Pasoepati, ia menyebut pertemuan itu jadi ajang reuni suporter Joglosemar (Jogja Solo Semarang). 

"Ini supaya lebih menjalin persaudaraan untuk kedepannya. Harapannya bisa sebanyak-banyaknya, dapat kuota tiket" tuturnya.

Melalui akun instagram resminya BCS menyampaikan pengumuman tidak akan hadir dalam laga perdana PSS Sleman bertanding di Piala Presiden lantaran hanya mendapat kuota tiket 500, sementara anggota BCS mencapai ribuan.

Namun, meski tidak hadir mendukung langsung, melalui akun tersebut mereka memberikan informasi bahwa mereka akan memberikan dukungan pada tiga laga selanjutnya di Solo. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.