Sukses

Laga Piala Presiden 2022, Kembalinya Spirit 'Pemain ke-12' dari Atas Tribun

Pembukaan Piala Presiden 2022 akan digelar di Stadion Manahan, Solo pada Sabtu (11/6/2022). Laga ini akan digelar kembali dengan penonton.

Liputan6.com, Solo - Ajang kompetisi pra-musim Piala Presiden 2022 jadi momentum kebangkitan sepak bola di Indonesia pada masa pandemi, khususnya di Jawa Tengah dan Solo raya. Rencananya pembukaan turnamen tersebut akan menggelar laga antara Persis Solo kontra PSS Sleman pada Sabtu (11/6/2022).

Pasalnya, kompetisi pra-musim itu akan dimulai dengan menhadirkan penonton. Sebanyak 75 persen dari kapasitas stadion diizinkan menghadiri laga selama ajang kompetisi pra-musim tersebut berlangsung.

Mengantisipasi euforia penonton yang selama dua tahun puasa menonton langsung ke stadion, Polresta Surakarta menyiapkan personel gabungan untuk mengamankan setiap laga di Piala Presiden hingga usai. 

Kapolres Surakarta, Kombes Pol Ade, Safri Simanjuntak menyebut sebanyak 850 personel gabungan diterjunkan untuk mengamankan helatan Piala Presiden 2022 di Grup A.

"Kita terjunkan personel gabungan untuk mengamankan 10 pertandingan yang akan digelar di Stadion Manahan. Beberapa pertandingan juga sudah kita koordinasikan dengan panitia pelaksana (Panpel)," kata Kapolres Surakarta di Mapolresta Surakarta, Jumat (10/6/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

850 Personel Gabungan Diturunkan

Ia menyebut, penjagaan dari personel yang disiagakan itu akan berada di beberapa titik, mulai dari dalam, dan luar stadion, tak terkecuali tempat-tempat yang biasa dijadikan tempat berkumpul para suporter.

"Pengamanan dari pintu utama (VVIP), lalu masuk di lapis kedua yakni ada empat pintu kembali. Baru kemudian di ring ketiga adalah ada dua belas pintu yang nantinya akan mengakses masuk tribun," tuturnya.

Sementara itu, Polresta Surakarta juga sudah melakukan koordinasi para suporter pendukung kesebelasan mereka yang rencana juga akan menonton turnamen Piala Presiden di Stadion Manahan. 

Kombes Ade melanjutkan, pihaknya akan melakukan pengamanan mulai dari euforia suporter hingga razia barang-barang yang dianggap membahayakan kepentingan umum agar situasi Kamtibmas maupun Kamsel di Kota Surakarta agar tetap kondusif.

"Setiap penonton yang datang akan diperiksa barang bawaannya dan menyortir sejumlah benda terlarang seperti miras, flash, flare, dan sebagainya," ujar dia.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.