Sukses

Uniknya Sirkuit Samota Sumbawa, Jadi Lokasi MXGP Indonesia 2022 hingga Arena di PlayStation

Lintasan atau track Sirkuit Samota, Sumbawa, NTB, berbeda dengan sirkuit lainnya di dunia

Liputan6.com, Mataram - Sirkuit Samota Sumbawa, NTB, yang menjadi lokasi event Moto Cross Grand Prix (MXGP) Indonesia 2022 pada 24 sampai 26 Juni 2022 mendatang, ternyata memiliki banyak keunikan dan berbeda dari sirkuit lainnya di dunia.

Selain lokasinya yang indah karena terletak di lereng bukit dan lembah menjurus ke laut, juga banyak hal unik yang memberikan kesan tersendiri terhadap sirkuit yang panjangnya 1,8 kilometer dan terletak di Jalan Samota, Sumbawa ini.

1. Berada di bukit bekas lahan jagung

Lokasi sirkuit ini berada di bukit yang berseberangan dengan Laut Moyo. Arah menuju ke sirkuit ini sangat mudah untuk diakses karena terletak hanya 6 kilometer dari pusat Kota Sumbawa.

Sebelumya, lahan sirkuit ini merupakan lahan yang ditanami jagung. Karena itulah banyak pihak terutama dari Infront sebagai organisasi penyelenggara MXGP mengakui bahwa kontur tanah Sirkuit Samota sangat bagus.

2. Langkanya Si Lita yang Memeluk Pohon Asam

Keunikan lainnya adalah adanya pohon Lita, atau pohon Pulai yang yang berada tepat di tengah tengah sirkuit. Keunikan pohon ini adalah tumbuh menyelimuti dan menempel pada pohon asam, seakan si Lita tak mau berpisah dengan pohon Asam.

3. Start Race Menurun, The One and Only

Lintasan atau track Sirkuit Samota berbeda dengan sirkuit lainnya di dunia. Start race atau garis start di sirkuit ini tidak datar seperti sirkuit lainnya, melainkan turun dan menyamping (elevasi). Menurut Novel Adi, Track Management Sirkuit Samota, posisi menurun dan elevasi pada sirkuit ini menjadi pembeda dengan sirkuit lainnya di dunia.

"Yes, this is the one and only. (Hanya satu-satunya)," kata dia.

4. Bird Eyes View dari Bukit Samota.

Salah satu keunikan dari sirkuit Samota ini yaitu pemandangan mata burung (bird eyes view).

 

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masuk PlayStation

Saat berada di sirkuit, kita akan melihat indahnya Laut Samota, sebab bukit tersebut berada tepat di atas pantai. Sehingga siapa pun yang berkunjung ke sirkuit ini akan langsung dimanjakan dengan pemandangan laut yang eksotis.

Setelah sirkuit ini rampung dan gelaran MXGP selesai dihelat, secara otomatis pihak penyelenggara Infront, akan memberikan benefit kepada Sirkuit Samota dengan memasukkannya ke berbagai program yang dimiliki Infront. Salah satunya adalah aplikasi gim pada PlayStation. Jadi, bagi para gamers motcross, bisa mencoba bagaimana menantangnya Sirkuit Samota di PS ataupun gim Android.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.