Bulan Bung Karno, UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno Gelar Beragam Acara Seru

Oleh Liputan6.com pada 07 Jun 2022, 17:30 WIB
Diperbarui 07 Jun 2022, 17:30 WIB
Bulan Bung Karno
Perbesar
Memperingati Bulan Bung Karno, UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno di Blitar menyelenggarakan beragam acara seru. (Liputan6.com/ Ist)

Liputan6.com, Blitar - UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno di Blitar menyelenggarakan rangkaian kegiatan untuk memperingati Bulan Bung Karno. Plt Kepala UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno, Hartono, Selasa (7/6/202) mengatakan, sebagai pelestari pemikiran Bung Karno, pihaknya turut menyemarakkan Bulan Bung Karno, mengingat pemikiran dan perjuangan Bung Karno telah memberikan sumbangan yang besar bagi bangsa Indonesia.

"Sebagai pelestari Bung Karno, marilah kita menghidupkan api pemikiran beliau melalui berbagai kegiatan di Bulan Bung Karno," katanya, saat membuka Pameran Bung Karno dan Kebangsaan di Gedung C UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno, Blitar, Selasa (7/6/2022).

Beragam kegiatan diselenggarakan mulai 28 Mei - 2 Juli 2022. Salah satu kegiatan yang menarik yakni peringatan trisuci Bulan Bung Karno yang terdiri atas peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni, Hari Lahir Bung Karno pada 6 Juni, dan Haul Bung Karno pada 21 Juni.

Hartono menyebutkan, Pancasila adalah hasil pemikiran Bung Karno selama bertahun tahun. Sejak 1918, Bung Karno sudah berpikir tentang dasar negara yang merdeka, kelak di kemudian hari.  Pada 1 Juni 1945, baru ada kesempatan untuk memunculkan pemikiran Bung Karno tentang Pancasila. 

"Pancasila harus dipahami sejarahnya, asal usulnya serta dimasyarakatkan, disosialisasikan, dibumikan. Untuk itu perlu wahana yang dinamis untuk belajar Pancasila secara terus menerus," katanya.

Pada Hari Lahir Pancasila, diselenggarakan upacara virtual yang berpusat di Ende dan Grebeg Pancasila. UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno menjadi tuan rumah Kenduri Pancasila yang dipimpin langsung oleh Wali Kota Blitar.

Pada Hari Lahir Bung Karno, UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno menggelar Brokohan dilanjutkan pembukaan pameran dengan tema Bung Karno dan Kebangsaan. Sementara Haul Bung Karno diperingati melalui upacara ziarah di Makam Bung Karno dilanjutkan dengan pembukaan Literasi Kopi.

Pameran Bung Karno dan Kebangsaan berlangsung pada 6-17 Juni 2022 di area kolam dan selasar Gedung C UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno. Melalui pameran ini, diharapkan masyarakat semakin mengetahui semangat, pemikiran, perjuangan, serta sejarah perjalanan hidup Sang Putra Fajar.

"Sehingga dapat mengambil buah pemikiran dan cita-cita luhur dari presiden pertama Republik Indonesia ini untuk kemajuan bangsa Indonesia ke depan dan kesejahteraan masyarakat pada umumnya," tuturnya.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Beragam Acara Seru

UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno juga turut melaksanakan program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial. Dalam program ini, perpustakaan dipusatkan sebagai kegiatan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dalam rangka Bulan Bung Karno, diselenggarakan kegiatan Literasi Kopi dan Literasi Wastra Nusantara. Masyarakat akan diberikan pelatihan terkait kopi dan wastra oleh para pakar di bidangnya.

"Selama bulan Juni terdapat dua kegiatan literasi inklusi sosial yakni Literasi Kopi yang diselenggarakan pada 21-23 Juni 2022 dan Literasi Wastra Nusantara pada 27-29 Juni 2022. Peserta dalam kegiatan tersebut adalah masyarakat umum dengan target 100 peserta setiap kegiatan," katanya.

Selain itu, kegiatan Internalisasi Pemikiran Bung Karno akan digelar pada 14 Juni 2022. Bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, kegiatan ini akan menghadirkan Kepala Perpusnas RI serta Wali Kota Blitar.

Bung Karno merupakan sosok yang lekat dengan seni dan budaya. Saat menjalani pengasingan di Ende dan Bengkulu, Bung Karno pernah membentuk grup sandiwara. Selain itu, dia juga merupakan pelukis dan kolektor karya seni rupa, gemar menonton wayang, film, serta pementasan tari.

Dalam memperingati Bulan Bung Karno, disediakan panggung khusus untuk Seni Budaya yakni Jaranan Pujo Waseso pada 28 Mei, Jaranan Banteng Muda pada 5 Juni, Musikalisasi Puisi pada 11 Juni, Keroncong Jatim 11-12 Juni, dan ditutup dengan Wayang Kulit pada 2 Juli.

Sebelumnya, pada 29 Mei-31 Mei dan 5 Juni 2022, diselenggarakan Safari Literasi yang dipusatkan di Amphiteater Perpustakaan Bung Karno. Safari Literasi memberikan wahana bagi generasi muda untuk berekspresi tentang pemikiran Bung Karno, khususnya Pancasila. Perpustakaan Proklamator Bung Karno sendiri merupakan unit pelaksana teknis (UPT) Perpustakaan Nasional RI.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya