Sukses

Perangkat Desa di Maluku Utara Gelar Doa Bersama untuk Eril Anak Ridwan Kamil

Salah satunya, anggota seluruh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Halmahera Timur (Haltim) turut mendoakan Emmeril. Doa itu digelar di Gedung Putih Farasman Mabapura.

Liputan6.com, Gorontalo - Hampir seluruh masyarakat Indonesia berempati mendoakan putra sulung Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz yang hilang di sungai Aare, Bern, Swiss.

Termasuk seluruh anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Halmahera Timur (Haltim). Mereka turut mendoakan Emmeril melalui doa bersama yang digelar di Gedung Putih Farasman Mabapura.

Mereka yang tergabung dalam Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) Maluku Utara itu, selain menggelar doa bersama, juga saling bersilaturahmi antaranggota BPD.

Bukan tanpa alasan, Ridwan Kamil saat Rakernas PABPDSI November 2021 silam di Bandung, didapuk menjadi Bapak BPD se-Indonesia. 

"Kang Emil merupakan bagian dari kami. Jadi Kami berempat untuk mendoakan anaknya," kata Ketua PABPDSI Maluku Utara, Kadar Jalil.

Kadar mengaku, PABPDSI siap menghimpun aspirasi BPD seluruh Indonesia. Terlebih lagi setelah Ridwan Kamil terpilih sebagai bapak BPD Nusantara, motivasi perangkat desa untuk memajukan desanya semakin menyala.

"Kiprah Ridwan Kamil sebagai Bapak BPD membuat sosoknya makin dikenal di Indonesia Timur. Ditambah gebrakan beliau dalam mengembangkan potensi desa di Jawa Barat, jadi penyemangat perangkat desa di daerah lain," ungkapnya.

Kadar mengungkapkan, diluar dari musibah yang menimpanya, masyarakat Maluku Utara memiliki harapan besar Ridwan Kamil terpilih jadi Presiden RI kedepan. Yakni dapat meningkatkan pembangunan di semua sektor kehidupan. 

"Ya infrastruktur, ekonomi, pokoknya semua yang sudah baik, ditingkatkan makin baik jika kang Emil jadi Presiden," tuturnya.

Dia menambahkan ke depan pihaknya bersama jaringan BPD se-Maluku Utara siap mengadakan acara silaturahmi serupa. Sekaligus menghidupkan gagasan pengembangan perekonomian desa yang sudah dijalankan Ridwan Kamil di Jawa Barat.

"Pokoknya BPD di Maluku Utara siap menghimpun dukungan untuk kang Emil jadi Presiden 2024 mendatang," ia menandaskan.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pencarian Eril

Pihak keluarga, Elpi Nazmuzaman, yang juga Adik kandung Ridwan Kamil mengatakan, pencarian Eril masih terus dilakukan. Elpi mengungkap teknis pencarian dilakukan menggunakan boat dengan rute zig-zag.

"Progres hari keempat dilakukan pencarian dengan menggunakan boat rutenya dilakukan secara zig-zag, satu boat diisi tiga orang terdiri dari pengendali boat dua menggunakan teropong yang bisa melihat kedalaman,” tutur Elpi dalam konferensi pers di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (30/5/2022).

Dalam pencarian tersebut, pihak otoritas Swiss memperkenankan pihak KBRI untuk melihat dari jarak dekat.

Tak hanya pencarian dengan boat, beberapa penyelam juga diturunkan untuk mencari di bawah permukaan air. Seiring dengan metode tersebut, petugas juga menggunakan drone yang terbangnya rendah untuk mencari Eril.

Setelah sesi pencarian hari keempat berakhir, pihak kepolisian setempat menyampaikan hasil evaluasi kepada pihak keluarga. Dalam evaluasi, mereka terbuka menerima saran-saran dari keluarga.

"Namun dari sisi hasil masih sama dengan hari kemarin dan kita hanya berharap bahwa Allah Swt memberikan hasil yang diharapkan keluarga," kata Elpi.

Pencarian Eril akan dilanjutkan petugas di Swiss hari ini, Senin (30/5/2022). Pihak keluarga Ridwan Kamil pun mengapresiasi petugas yang melakukan pencarian.

"Dari sisi effort, kepolisian maritim dan aparat setempat sudah meningkatkan effort bahkan terpantau menjadi perhatian publik sehingga secara berkala pihak kepolisian setempat meng-update via media sosial mereka melalui Twitter untuk menjawab keingintahuan publik," kata Elpi.

Selain pencarian, Elpi juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang turut membesarkan hati pihak keluarga atas musibah yang terjadi.

"Dari keluarga kami ingin mengucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya kepada Pak Presiden Pak Jokowi yang sudah berkomunikasi langsung dengan pak Gubernur Kang Emil melalui sambungan telepon ke Swiss. Ini presiden sebagai kepala negara, kepala pemerintahan tentu sebagai pribadi merepresentasikan warga negara Indonesia, dan ini membesarkan hati kami selaku keluarga dalam menjalani musibah ini,” tuturnya.

Selain itu, pihak keluarga juga mengucapkan terima kasih kepada Kedutaan Besar RI di Swiss dan kepada pemerintahan dan warga Jabar yang sudah menyampaikan rasa simpati dan doa serta dukungan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.