Sukses

Bikin Ngiler, Delegasi GPDRR Icip-Icip 5 Kuliner Khas Bali Ini

Ada lima kuliner khas Bali yang sudah disiapkan akan diicip oleh para delegasi GPDRR 2022 yang tengah digelar di Bali. Apa saja lima kuliner tersebut? cek artikel di bawah ini yuk....

Liputan6.com, Nusa Dua - Bali selalin kaya dengan wisata alamnya, Pulau Seribu Pura itu juga dikenal dengan surganya kuliner. Di sini anda bisa menikmati aneka makanan khas yang siap menggoyang lidah anda.

Kuliner-kuliner khas yang wajib dicoba saat ke Bali adalah rujak jeruk Bali, tipat serombotan, jaje/Jajan Bali, es daluman dan bulung.

Menariknya kuliner tersebut juga ditawarkan kepada para delegasi Global Platform for Disaster Risk Reduction/GPDRR 2022 ke-7 yang diselenggarakan di Nusa Dua, Bali 23-Mei 2022.

Hal itu disampaikan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kemenparekraf yang memfasilitasi para delegasi GPDRR 2022 dalam program fieldtrip ke berbagai destinasi wisata di Bali.

"Para delegasi GPDRR diharapkan bisa merasakan pengalaman kuliner Bali. Sebab kuliner di Bali memiliki sejarah di balik kehadiran suatu menu makanannya," kata Menteri Sandiaga di Bali, Sabtu (28/5/2022).

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kuliner Tradisional Wajib Dicoba

Menteri Sandiaga menyebut, Bali tak hanya memiliki destinasi alam yang kaya, tapi kuliner khas Bali juga tak kalah lezat. Ia mengajak delegasi untuk berwisara kuliner mencicipi jajan Bali.

Penasaran dengan kuliner khas Bali yang ditwarkan ke delegasi GPDRR 2022, berikut ulasannya : 

1. Rujak Jeruk Bali

Rujak Jeruk Bali adalah salah satu kuliner khas Bali. Kuliner ini terbuat dari olahan jeruk Bali yang disajikan bersama bumbu rujak. Rujak jeruk khas Bali memiliki rasa pedas, namun segar yang didapat dari jeruk Balinya.

2. Tipat Serombotan

Tipat Serombotan ini berisi tipat atau ketupat, dan sayuran yang disiram dengan bumbu sambal yang pedas menggigit. Sayuran dalam seporsi serombotab terdiri dari tauge, kangkung, pare, dan kacang panjang.

3.Jajan Bali atau Jaje Lukis

Camilan dari beras ketan yang dibentuk segitiga ini disebut sebagai jajan Bali atau jaje lukis. Kenyalnya ketan yang dikukus ini, disajikan juga dengan taburan parutan kelapa gurih, dan ditambahkan dengan lelehan manis dari gula merah.

4. Es Daluman

Es Daluman adalah minuman yang terbuat dari daun daluman yang merupakan tanaman khas Bali. Es daluman disajikan dengan santan dan gula jawa. Tak hanya menyegarkan, es daluman ini dinilai berkhasiat untuk tubuh, yaitu menurunkan tekanan darah serta sebagai bahan anti racun.

5. Bulung

Bulung adalah jajanan khas Bali yang terbuat dari rumput laut hijau. Jajanan ini dihidangkan dengan bumbu yang terbuat dari kuah pindang. Terkenal akan rasanya yang lezat, bulung juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Hal ini karena bulung terbuat dari rumput laut sehingga dipercaya bermanfaat untuk mencegah osteoporosis, penuaan dini, darah tinggi, dan kanker.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.