Kampung Narkoba Balikpapan yang Tak Kunjung Mati

Oleh Apriyanto pada 28 Mei 2022, 21:00 WIB
Diperbarui 28 Mei 2022, 21:00 WIB
Pengungkapan Narkoba di Balikpapan
Perbesar
Polresta Balikpapan saat membeberkan para tersangka dan barang bukti kasus narkoba yang berhasil diungkap selama satu bulan. (Liputan6.com/Istimewa)

Liputan6.com, Balikpapan - Selama bulan Mei 2022, Polresta Balikpapan beserta jajarannya berhasil membongkar praktik peredaran narkoba di wilayah Balikpapan. Sedikitnya ada 34 kasus yang berhasil diungkap.

Dari jumlah tersebut kawasan Gunung Bugis, Kelurahan Baru Ulu, Balikpapan Barat yang dijuluki ‘Kampung Narkoba’ menduduki peringkat pertama dalam lokasi pengungkapan kasusnya. Ada 15 kasus yang berhasil dibongkar di kawasan tersebut.

Kapolresta Balikpapan, Kombes Pol V Thirdy Hadmiarso melalui Kasat Reskoba Polresta Balikpapan, Kompol Roganda mengatakan bahwa sejak awal Mei hingga Jumat (27/5/2022) pihaknya bersama jajaran Polsek di Balikpapan berhasil mengungkap 34 kasus. Di mana jajaran Satresnarkoba Polresta Balikpapan mengungkap 23 kasus, sementara sisanya diungkap Polsek-Polsek di wilayah Balikpapan, yakni Polsek Balikpapan Barat 8 kasus, Polsek Balikpapan Utara 1 kasus dan Polsek Balikpapan Timur 2 kasus.

"Dari jumlah tersebut, tersangka yang berhasil diamankan sebanyak 36 orang yang terdiri dari 34 laki-laki dan 2 perempuan. Barang bukti sebanyak 95,02 gram sabu dan 5,66 gram ganja," terangnya saat menggelar press rilis di Mapolresta Balikpapan, pada Jumat siang (27/5/2022).

Roganda mengakui, dari jumlah tersebut paling banyak dilakukan di wilayah Balikpapan Barat, tepatnya di kawasan Gunung Bugis. “Paling banyak (pengungkapan) TKP-nya di kawasan Gunung Bugis, Balikpapan Barat,” sebutnya.

 

 

 

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:


Hasil Pengungkapan Selama Tahun 2022

sabu
Perbesar
Barang bukti narkoba di Balikpapan. (Liputan6.com)

Dari seluruh pengungkapan ini, Roganda mengatakan para tersangka merupakan pengedar. Beberapa diantaranya juga masih dikembangkan terutama mereka yang masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) alias pemilik atau pemasok narkoba.

"Sementara untuk pengungkapan dari bulan Januari sampai Mei 2022 itu telah berhasil kita amankan sabu seberat 1.037,9 gram dan ganja 1.156,66 gram," bebernya.

Kombes Pol V Thirdy Hadmiarso menegaskan, pihaknya akan terus melakukan pemberantasan peredaran narkoba di wilayah Balikpapan. Sehingga seluruh jajarannya baik di Satresnarkoba Polresta Balikpapan hingga Polsek diminta untuk terus melakukan pengungkapan di wilayahnya masing-masing.

"Kita akan terus konsisten dan akan meningkatkan upaya kita untuk memerangi narkoba di wilayah Polresta Balikpapan," dia menandasinya.

 

 

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya