Sukses

Profil Emmeril Khan Mumtadz, Anak Ridwan Kamil yang Hilang di Sungai Aare Swiss

Eril adalah anak pertama dari pasangan Ridwan Kamil dan Atalia Praratya.

Liputan6.com, Bandung - Putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz dilaporkan hilang saat berenang di Sungai Aaree, Bern, Swiss, pada Kamis (26/5/2022) siang waktu setempat. Keluarga berharap Eril, sapaan Emmeril, dapat ditemukan segera dalam keadaan sehat.

Menurut keterangan keluarga Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman, kronologi hilangnya Eril berawal saat dia berenang di Sungai Aaree, Bern bersama adik dan kawannya.

Saat ingin naik ke permukaan, Eril terseret arus sungai yang cukup deras. Ia sempat mendapat bantuan dari kawannya.

Keluarga saat itu sedang berada di Swiss untuk mencari sekolah bagi Eril yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang S2. Sementara saat kejadian, Ridwan Kamil sedang berada di Inggris dalam kegiatan pemerintahan di luar negeri bersama delegasi dari Pemprov Jawa Barat.

Eril saat ini masih dalam pencarian tim SAR dan polisi Swiss. Pencarian sempat dihentikan pada Kamis karena hari sudah mulai gelap dan rencananya akan dilanjutkan pagi ini.

"Hingga informasi ini disampaikan, pencarian sudah berjalan enam jam atau 26 Mei pukul 23.00 WIB dan kami berharap Eril dapat ditemukan segera dalam keadaan sehat," kata Elpi.

Eril adalah anak pertama dari pasangan Ridwan Kamil dan Atalia Praratya. Dia lahir di New York, Amerika Serikat pada 1999 saat sang ayah melanjutkan pendidikan di negara tersebut.

Meski lahir di luar negeri, Eril tetap memilih bersekolah di Bandung. Dari SD hingga SMP, dia menempuh pendidikan di Ponpes Darul Hikam Bandung. Kemudian, dia bersekolah di SMAN 3 Bandung.

Pada 2017, Eril melanjutkan pendidikan ke Institut Teknologi Bandung (ITB) mengambil jurusan teknik mesin di Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD).

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

KBRI Swiss Belum Bisa Dikonfirmasi

Anak dari Ridwan Kamil dilaporkan hilang di Sungai Aare yang berlokasi di Bern, Swiss. Pemuda bernama Emmeril Khan Mumtadz (Eril) itu kini masih terus dicari tim SAR. 

Eril tenggelam pada 26 Mei 2022 waktu setempat. Tim SAR berusaha mencari pada hari itu, namun Eril belum ditemukan.

Ada kabar bahwa anak Ridwan Kamil sudah ditemukan dan selamat. Terkait hal itu, pihak Kementerian Luar Negeri dan KBRI Bern masih belum bisa memastikan.

"Belum bisa dikonfirmasi saat ini," ujar Direktur Perlindunan WNI Kemlu RI Judha Nugraha kepada Liputan6.com, Jumat (27/5/2022).

Pihak KBRI Bern juga belum merespons pertanyaan Liputan6.com terkait kabar ditemukannya Eril.

Update terbaru adalah juru bicara Kemlu RI Teuku Faizasyah, pencarian Eril masih akan terus dilaksanakan pada hari Jumat ini.

"KBRI Bern telah berkoordinasi dengan Kepolisian setempat untuk proses pencarian. Upaya pencarian langsung dilakukan pada tanggal 26 Mei dengan menyusuri Sungai Aare dan akan terus dilanjutkan pada hari ini, 27 Mei 2022," ujar Faiza. 

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dilaporkan sudah berada di Swiss. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.